SUPERVISI DAN EVALUASI UNTUK PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NEGERI 1 PANDEGLANG
Keywords:
Supervisi, Evaluasi, Penjaminan Mutu, PendidikanAbstract
Memasuki tahun 2023 dampak Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada bidang pendidikan masih terasa, baik pada motivasi belajar siswa, tingkat kinerja guru, maupun kepemimpinan kepala sekolahnya. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih serius untuk segera bangkit bersama menghilangkan efek psikologi dari Pandemi Covid-19 tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil observasi mengenai pelaksanaan supervisi dan evaluasi di MTsN 1 Pandeglang pada tahun 2023. Metode penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumen, wawancara dan studi pustaka. Metode ini memberikan gambaran yang mendalam dan terperinci tentang fenomena yang diteliti, meskipun hasilnya mungkin tidak dapat secara langsung diterapkan untuk populasi secara keseluruhan. Dengan jumlah guru 57 orang dan jumlah peserta didik 1.008 siswa, dan sekolah dengan fasilitas yang cukup memadai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi dan evaluasi pendidikan di MTsN 1 Pandeglang berjalan dengan baik, bahkan masih bisa berprestasi. Hal ini menunjukkan bahwa telah ada upaya serius dari lembaga pendidikan untuk dapat pulih dari dampak psikologis Covid-19. Harapannya ini juga dapat menjadi praktik baik (Best Practice) bagi sekolah lain. Walaupun demikian masih ditemukan tantangan yang tidak mudah seperti menurunnya motivasi dan akhlak siswa dan menurunnya motivasi dan kinerja guru.
References
Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Akademik Dan Supportive Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 884–894. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1177
Ariasa Giri, I. M. (2016). Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 44. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.60
Enilawati, Warlizasusi, J., & Harahap, E. K. (2022). Supervisi Dalam Peningkatan Mutu Evaluasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–6.
Ismanto, B. (2018). Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Berdasarkan Mutu Standar Proses Pembelajaran ( Studi Kasus Pemetaan Mutu Pendidikan di Provinsi Jawa Tengah ). Seminar Nasional Hardiknas, 74–82. https://ris.uksw.edu/download/makalah/kode/M02375
Kristiawan, M., Yuyun Yuniarsih, Mp., Happy Fitria, Mp., & Nola Refika SPd, Mp. (2019a). Supervisi Pendidikan. www.cvalfabeta.com
Kristiawan, M., Yuyun Yuniarsih, Mp., Happy Fitria, Mp., & Nola Refika SPd, Mp. (2019b). Supervisi Pendidikan. 1–3. www.cvalfabeta.com
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC
Nurmawati. (2016). buku Evaluasi Pendidikan.pdf (p. 205).
Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembalajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia.
Rifa’i, A. A. (2018). Supervisi Pembelajaran Sebagai Pengembangan Budaya Mutu Guru. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(1), 35–48. https://doi.org/10.32923/edugama.v4i1.642
Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (pp. 1–202).
Sampul, R., Thema, T., & No, J. C. (2021). Pengatar Evaluasi Pendidikan.
Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Guru). Acima Publishing, 53(9), 1689–1699.
Toha, T. M., Ristianah, N., & In’am, A. (2022). Supervisi Pendidikan Islam. In Jurnal Kependidikan Islam (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.100-114