TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO)
Keywords:
Transformation, Education, School MoverAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa transformasi pendidikan yang terjadi di SMA Negeri 1 Sidoarjo sebagai sekolah penggerak melalui empat komponen utama sekolah penggerak yang terdiri dari kepala sekolah, guru, hasil belajar, dan keterlibatan komunitas. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan waka kesiswaan yang dipilih dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) transformasi pendidikan di sekolah penggerak diawali dengan tes kepala sekolah, pendampingan kepala sekolah, pelatihan guru, perubahan capaian pembelajaran dan hasil belajar, serta keterlibatan komunitas kemudian diimplementasikan dalam bentuk program merdeka belajar dan dievaluasi dengan assesmen formatif dan normatif. 2) Kendala internal transformasi pendidikan berupa minimnya pengalaman dengan kemerdekaan belajar, manajemen waktu yang kurang baik, serta kompetensi (skill) yang kurang memadai. Sedangkan kendala eksternalnya adalah dari segi keterbatasan referensi dan akses yang dimiliki dalam pembelajaran serta rapor baru yang belum terakomodasi untuk pendaftaran lulusan ke ikatan dinas maupun militer.
References
Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Nas Media Pustaka.
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal (1st ed.). CV Abe Kreatifindo.
Bafadhal, I. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Fanan, M. A. (2017). Peranan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 82–101.
Islamiyah, N. M. (2022). Implementasi Program Sekolah Penggerak Dalam Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Kota Bima, NTB). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Jatim, R. (2022). Kepala Sekolah Penggerak Tingkat SMA di Sidoarjo Bentuk Forum Kerjasama. Radarjatim.Id.
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, K. P. (2021). Program Sekolah Penggerak. Kemdikbud.Go.Id.
Kebudayaan, P. K. dan P. K. P. dan. (2020). Profil Pelajar Pancasila (1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pernaskahan.
Maskuri, M., Ma’arif, A. S., & Fanan, M. A. (2020). Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.11239
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Raja Grafindo Persada.
Nasukah, B., & Winarti, E. (2021). Teori Transformasi dan Implikasinya pada Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.43
Noor, T. R. (2019). Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem Di Era 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 153–171. https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1472
Noor, T. R., Razan, M., & Nur, A. (2022). Strategi Pengembangan Sekolah Unggulan ( Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Migas , Cepu ). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 10, 223–240.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.
Sekretariat GTK. (2020). Empat Komponen Utama Sekolah Penggerak. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan.
Shodiq, A. J. (2023). Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPT SMPN 3 Gresik. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Sukmadinata, N. S., & Mukhlis. (2011). Pengembangan kurikulum. Teori dan praktek. Remaja Rosdakarya.















