PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BAGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELAUI OUTING CLASS DI EDUWISATA NDALEM KERTO

Authors

  • Afifah Khoirianis Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Anak Usia Dini, Kognitif, Outing Class

Abstract

Hasil dari penelitian ini menjelasakan bahwa proses pembelajaran Outing Class yang dilakukan di Ndalem Kerto dilakukan dengan permainan yang menyenangkan. Peserta diarahkan untuk melihat keindahan alam yang disiapkan didalam berbagai wahana yang ada. Adapun seperti peternakan merak dan peternakan kambing. Selain itu, kegiatan selanjutnya adalah menyirami tanaman dan bermain dikebun jambu. Pembelajaran matematika dilakukan dengan melakukan integrasi dengan tema materi yang ada. Adapaun metode yang dilakukan adalah dengan berinteraksi dengan alam, belajar dengan pengalaman, dan bermain di alam terbuka. Adapun bentuknya dengan permainan berhitung, menjawab pertanyaan, berhitung dengan objek benda maupun tanaman, permainan berhitung, dan praktek berhitung di tengah-tengah materi yang dilakukan. Bentuk perkembangan kognitif yang ada dapat diidentifikasi sebagai berikut, (1) mengembangkan konsep angka pada anak, (2) mengembangkan pola konsep dan hubungan, (3) mengembangkan konsep hubungan dengan geometri, (4) mengembangkan konsep pengumpulan, pengaturan dan tampilan data. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif artinya penelitian yang menggunakan kata-kata tanpa adanya angka-angka.

References

Mamang, S. E. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Andi Offset.

Maryati, S., Marmawi, & YuniarnI, D. (2021). Model Pembelajaran Kontekstual untuk Mengenalkan Huruf pada Anak Usia 5-6 tahun di tK. Jurnal UNTAN, 1–11.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Mirawati, M., Anggarasari, N. H., & Nurkamilah, M. (2018). Fun Cooking: Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.230

Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar Ruzz Media.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Afifah Khoirianis, & Wulansari, B. Y. (2025). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BAGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELAUI OUTING CLASS DI EDUWISATA NDALEM KERTO. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(1), 26–34. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/423

Issue

Section

ARTICLES