PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MENYAYANGI DAN MENCINTAI CIPTAAN ALLAH DI EDUWISATA NDALEM KERTO

Authors

  • Afifah Khoirianis Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Nilai Moral dan Agama, Anak, Ciptaan Allah, Eduwisata Ndalem Kerto

Abstract

Tujuan penelitian ini mengenai pembelajaran yang dilakukan pada anak usia dini di Eduwisata Ndalem Kerto. Adapun dalam penelitian yang dilakukan akan melihat bagaiaman pengintegrasian materi pembelajaran dengan nilai agama dan moral bagi anak dalam upaya menyayangi dan mencintai ciptaan Allah Swt. Adapun metode penelitian yang dilakukan adlah dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu, penelitian yang berbentuk deskriptif yang menghasilkan kata-kata dan bukan angka-angka. Adapun hasil penelitian ini bahwa, peserta yang terdiri dari anak usia dini pada kegiatan pembelajaran luar ruangan di Ndalem Kerto dilakukan dengan mempelajari kehidupan di alam terbuka. Adapun dilakukan dengan menyusuri aneka wahana seperti, peternakan kambing, peternakan merak, dan juga perkebunan jambu. Anak-anak akan diajak untuk bermain sambil belajar dengan fasilitator. Hal tersebut dilakukan agar materi yang diberikan dapat terserap dengan maksimal. Anak-anak dalam pemberian materi akan diintegrasikan dengan nilai agama dan moral untuk mewujudkan perilaku saling mencintai dan menyayangi ciptaan Allah Swt. Adapun konten yang terintegrasikan diajarkan melalui tiga metode yaitu, konsep keimanan, konsep ibadah, dan konsep akhlak. Lebih lanjut hasil pembelajaran yang didapatkan oleh anak akibat adanya integrasi pembelajaran dengan nilai moral dan agama untuk mewujudkan rasa cinta dan kasih anak pada cipataan Allah Swt. adalah religiusitas, sosialitas, kejujuran, dan penghargaan terhadap alam sekitar.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Andi, I., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Darwis, A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Islam. Rajawali Press.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Hartono, T., & Saputro, D. A. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Jauhari, M. T. (2020). Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. 2(1), 328–341.

L.N, S. Y. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Raja Grafindo Persada.

Magdalena, I., Ramadhan, M. I., & Handayani, N. R. (2020). Meningkatakan Mutu Belajar Dengan Melakukan Pendekatan Terhadap Siswa Di SD Syekh Yusuf. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 402–418.

Ningrum, D. S., & Leonard, L. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 163–173. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.151

Oktafianto, K., Kurniawati, E. F., Muzdalifah, L., Arifin, A. Z., Nurfitria, N., Afifah, A., & Awanda, R. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu. Abdimas Universal, 1(2), 24–26. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i2.36

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ournal of Chemical Information and Modeling.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Nata Karya.

Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. 5.

Wahyu, S. S. (2018). Manajemen Pendidikan Nonformal. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 20.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Afifah Khoirianis, & Wulansari, B. Y. (2025). PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MENYAYANGI DAN MENCINTAI CIPTAAN ALLAH DI EDUWISATA NDALEM KERTO. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(1), 35–43. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/424

Issue

Section

ARTICLES