PENERAPAN PLAY BASED LEARNING DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POCENTER

Authors

  • Nurleha Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dian Kristiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Pembelajaran berbasis permainan, Keterampilan sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan play-based learning dalam menstimulasi keterampilan sosial anak usia dini di Pocenter, Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa play-based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial anak, seperti kemampuan berkomunikasi, kerja sama, berbagi, pengelolaan emosi, dan penyelesaian konflik. Anak-anak yang terlibat dalam aktivitas bermain menunjukkan interaksi sosial yang lebih aktif dan adaptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa play-based learning merupakan pendekatan yang signifikan dalam mendukung perkembangan keterampilan sosial anak usia dini, terutama dalam konteks pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

References

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3

Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan pada Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 313–319. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346

Kristiana, D. (2024). Penerapan Pembelajaran Practical Life Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak di Pocenter. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 38–45.

Ponorogo, U. M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK ( POCENTER ). 4(1).

Pujayanti, F. H., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pengaruh Metode Game Based Learning terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kemampuan Sosial Emosional Anak TK. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1438. http://jurnaledukasia.org

Puspawati, D., & Ulya, N. (2021). Peran Ethnoparenting Dalam Menanamkan Nilai Kesopanan Pada Anak Usia Dini. The 7th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 115–126. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/index

Wahjusaputri, S., Wahyuni, Y., & Ida Wahyuni, dan. (2024). Penerapan Pendekatan Play-Based Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 4(1), 112–121. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.489

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Nurleha, & Kristiana, D. (2025). PENERAPAN PLAY BASED LEARNING DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POCENTER. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(1), 44–50. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/426

Issue

Section

ARTICLES