ANALISIS DAN EVALUASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROFESI DOSEN: STUDI KASUS JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK DOSEN DI PERGURUAN TINGGI SWASTA KEAGAMAAN BUDDHA
Keywords:
Dosen, Jabatan Akademik, Evaluasi Kebijakan, ProfesiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi kebijakan pengembangan profesi dosen dalam jabatan fungsional akademik di Perguruan Tinggi Swasta Keagamaan Buddha. Dosen memiliki peran penting dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Namun, pengembangan profesi dosen seringkali menghadapi tantangan dan kendala dalam pengaturan jabatan fungsional akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan dosen dan pimpinan perguruan tinggi, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait kebijakan dan regulasi. Dokumen yang menjadi fokus penelitian ini termasuk UU Nomor 14 Tahun 2005, UU Nomor 12 Tahun 2012, Permenpan dan RB Nomor 17 Tahun 2013, Permenpan dan RB Nomor 46 Tahun 2013, serta beberapa dokumen lain yang berkaitan dengan jabatan fungsional akademik. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup profil, hierarki, dan konteks kebijakan jabatan akademik dosen. Profil jabatan akademik mencakup deskripsi tugas, tanggung jawab, kompetensi, dan kriteria penilaian untuk setiap tingkatan jabatan. Aspek yang termasuk dalam profil jabatan akademik dosen antara lain pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan profesional. Evaluasi substansi kebijakan juga dilakukan terhadap beberapa peraturan dan undang-undang yang relevan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Djuwita, T. M. (2011). strategi pengembangan dosen perguruan tinggi kaitannya dengan profil dosen yang produktif. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/publica/article/view/388
Dunn, William N. (1981). Public Policy Analysis: An Introduction. PrenticeHall International, Inc.
Gerston, Larry N. (2010). Public Policy Making. Process and Principles. Third Edition. E Sharpe.
Harris, D. M., & DeSimone, R. L. (1994). Human Resourse Development. The Dryden Press.
Howlett, M., & Ramesh, M. (1995). Studying Public Policy. Policy Cycles and Policy Subsystems. Oxford University Press.
Johnsons, S. L., & Rush, S. C. (1995). Reinventing The University. Managing and Financing Institutions of Higher Education. John Wiley & Sons, Inc.
Krippendorff, Klaus. (1993). Analisis Isi. Pengantar Teori dan Metodologi.
PT RajaGrafindo Persada. Labola, Y. A. (2019). Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat dan Ketahanan Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1).
Marzuki, P. M. (2015). Penelitian Hukum (Edisi Revisi). Prenadamedia Group
Michael, E. J. (2006). Public Policy: The Competitive Framework. Oxford University Press.
Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia
Rahmah, S. (2017). Pendidik dan pengembangan Profesi.idarah, Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1).
Rakhmat, Jalaluddin (1997). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Sinambela, L. P. (2017). profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4), 579–596. https://doi.org/10.47313/ppl.v2i4.347
Soekanto, Soerjono, & Mamudji, S. (2015). Penelitian Hukum Normatif. Suatu Tinjauan Singkat. PT RajaGrafindo Persada.
Sujarwo, S. (2015). Pengembangan Dosen Berkelanjutan. Makalah Perkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta.
UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Permenpan dan RB Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.
Permenpan dan RB Nomor 46 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.
Peraturan Bersama Mendikbud dan Kepala BKN Nomor 4/VIII/PB/2014 dan Nomor 24 Tahun 2014 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013.
Permendikbud Nomor 92 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen.Pedoman Juknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen Tahun 2019
Anderson, James E. (1978). Public PolicyMaking (Second Edition). Holt, Rinehart and Winston.
Bromley, Daniel W. (1989). Economic Interest and Institution. The Conceptual Foundation of Public Policy. Basil Blackwell Inc.
Castetter, W. B. (1996). The Human Resource Function in Educational Administration (Sixth Edition). Prentice-Hall International, Inc.