IMPLEMENTASI REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASANTRI PADA HALAQAH BAHASA ARAB MA'HAD AL-JAMI'AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG
Keywords:
Learning Outcomes, Reward and PunishmentAbstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi reward and punishment memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan Hasil Belajar. Pada siklus Ⅰ rata-rata nilai meningkat dari 53,53 (pre-test) menjadi 64,71 dengan ketuntasan mencapai 47%. Adapun pada siklus Ⅱ setelah metode diperkaya dengan permainan kuis tebak kotak yang berisi pertanyaan, rata-rata nilai meningkat sebesar 74,82 dengan tingkat ketuntasan 76%. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda memberikan taukid dan mengkonfirmasi hipotesis awal bahwa reward and punishment secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai R Square sebesar 0,773 dengan nilai Sig p-value 0,000 < 0,05 yang berarti 77,3% variasi Hasil Belajar dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen. Kemudian dari hasil uji parsial reward memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,871 p-value = 0,001 < 0,05. Sementara punishment memiliki pengaruh signifikan dengan kontribusi yang lebih kecil terhadap Hasil Belajar dengan koefisien regresi 0,353 p-value = 0,033 < 0,05. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa metode reward and punishment memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan Hasil Belajar mahasantri. Reward memberikan pengaruh dominan dengan menciptakan dorongan belajar dan membuat suasana belajar lebih kondusif. Sedangkan punishment berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kedisiplinan dan sebagai alat memperbaiki perilaku yang kurang baik pada aktivitas pembelajaran.
References
Addzaky, Khoirul Umam. “Implementasi Metode Bandongan Pada Pembelajaran Kitab Kuning DI Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung”. 2023.
كما أخذت بيانات الاختبار المسبق لطلاب البحث بيانات عن نتائج معهد الجامعة في عام 2024 كتعزيز للبيانات الميدانية.
Ahlaro, Steven Ronald. “Kriteria Metode Pembelajaran Yang Baik Dan Efektif”. Jurnal Masalah Pastoral. Vol. 8 No. 1 (2020), h. 16–29. https://doi.org/10.60011/jumpa.v8i1.98.
Ahmad, Abu. Pengatar metodik Dedaktif. Bandung: Armico, 1987.
Amin, Nur Fadilah et al. “Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi.”. Jurnal Pilar. Vol. 14 No. 1 (2023), h. 15–31.
أمير الدين وآخرون ، "أثر الثواب والعقاب على دافعية تعلم الطلاب"، الباحث العلمي: المجلة العلمية للتعليم ، المجلد 2 العدد 01 (2022) ، ص. 213 ، https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1596.
Amiruddin, Amiruddin et al. “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2 No. 01 (2022), h. 210–19. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1596.
Aprizal, Ambo Pera. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam”. Journal um palangkaraya. Vol. 2 No. 2 (2021), h. 87–93.
سفي صفية الأمة، "سلوك الكائنات الحية, الاستدامة (سويسرا)"، المجلد 11 ، (2019
Arief, A. Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Pers, 2002. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=SD-VNwAACAAJ (2002).
Arifah, Arina Zati. “Efektifitas Pembelajaran PPI (Praktik Pengamalan Ibadah) Mahasantri diMa’had Al-Jami-ah UIN Raden Intan Lampung”. 2017.
Djamarah, S. B., & others. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: usaha nasional, n.d.
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K.M.S., dan S.E.M.S. Dr. Patta Rapanna. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=JtKREAAAQBAJ (2021).
Dr. Suaidi Asyari, M A. Nalar Politik NU-Muhammadiyah ; Overcrossing Java Sentris. Penerbit & distribusi, LKiS Yogyakarta bekerja sama dengan Center for the Study of Contemporary Indonesian Islam and Society, Jambi, Indonesia, 2009. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=t9BqDwAAQBAJ (2009).
Ebta.setiawan. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)”. DigitalOcean n.d. tersedia pada https://kbbi.web.id/santri.
Emzir. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pres, 2012.
Fadjar, Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo, 2005.
Fairuza, Nabila. Pengaruh Kausal Pemberian Reward Dan Punisment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mi Al-Faridah Pondok Kelapa Jakarta Timur 2022.
عارف سبحان ، "مؤسسات التعليم الإسلامي الإندونيسية في القرن العشرين: الصراع بين التحديث والهوية”,ص. 75.
Fakhrurrozi, Aziz, dan Erta Mahyudin. Permasalahan Pembelajaran Bahasa Arab 2012. tersedia pada http://www.v-arabic.com/vra/wp-content/ uploads/2010/02/Ar-Grammar-Word-cloud.jpg (2012).
Febriani, Elsa Selvia et al. “Analisis data dalam penelitian tindakan kelas”. Jurnal Kreativitas Mahasiswa. Vol. 1 No. 2 (2023), h. 140–53.
Febriani, Syaiful Mustofa dan Suci Ramadhanti. BAHASA ARAB & WORLD CLASS UNIVERSITY Diedit oleh A. Samsul Ma’arif Cetakan I. UIN Maliki Press, 2021.
Ghazali, M Bahri. Pesantren berwawasan lingkungan. Prasasti, 2002.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Hellin Putri, Desty Susiani, dan & Fia Alifah Putri. “Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif”. Jurnal Papeda. Vol. 4 No. 4 (2022), h. 139–48. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya Offset, 2014.
Iskandar, Khusnan et al. “Relevansi Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran”. Journal of Education and Religious Studies. Vol. 1 No. 02 (2021), h. 70–75. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.27.
Karmilawati et al. “Penerapan Metode Pembelajaran Reward and Punisment dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMA Negeri 11 Makassar”. Jurnal Agroteknologi. Vol. 10 No. 2 (2020), h. 92–101. tersedia pada https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/20474 (2020).
Khasanah, Nginayatul. “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia)”. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam. Vol. 3 No. 2 (2016), h. 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16.
Lasyin, Kamaal Abd al-Baqi. Diraasaat fil Adabil Jahiliy. Darul Kutub wal Watsa’iq al-Qaumiyah, 1995.
Listiani, Frida Rahmania. “Penerapan Reward And Punishment Dalam Memotivasi Belajar Siswa”. 2022.
Maliasih et al. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA”. Jurnal Profesi Keguruan. Vol. 3 No. 2 (2017), h. 222–26.
Mulyasa, D R H E. “Praktik penelitian tindakan kelas”. 2020.
Muthuraman, Balamurugan. “Education Tools and Technologies in the Digital Age for Society 5.0 in Digitalization of Higher Education using Cloud Computing Implications”. Risk, and Challenges, Florida: CRC Press. 2022.
Narbuko, C, dan A Achmadi. Metodologi penelitian: memberikan bekal teoretis pada mahasiswa tentang metodologi penelitian seta diharapkan dapat melaksanakan penelitian dengan langkah-langkah yang benar. Bumi Aksara, 2013. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=tTykAQAACAAJ (2013).
Nauli Thaib, Eva. “Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional”. Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol. 13 No. 2 (2013), h. 384–99. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485.
Nelisma, Yulia et al. “Hubungan Aktivitas Belajar Dengan Prestasi Siswa Smkn 1 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat”. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 8 No. 1 (2022), h. 1–7. https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.7052.
Novida Aprilina Nisa Fitri, dan Galang Jagat Pangestu. “Implementasi Metode Reward dan Punishment dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Madrasah Ihya’ Ulumuddin”. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (INJURIES). Vol. 1 No. 2 (2023). https://doi.org/10.61227/injuries.v1i2.20.
Nuha, Ulin. “Metodologi super efektif pembelajaran bahasa Arab”. Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Prihatin, Eka. “Manajemen peserta didik”. Bandung: Alfabeta, 2011.
Pror. Dr. H. M. Burhan Bungin, S S M. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua n.d. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=rBVNDwAAQBAJ.
Purnomo, Halim, dan Husnul Khotimah Abdi. Model Reward Dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam. CV BUDI UTAMA, 2012. tersedia pada https://s3ppi.umy.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/Naskah-Buku-Reward-dan-Punishment.pdf (2012).
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Qorib, Fathul. “Efektifitas Implementasi Metode Reward and Punishment Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Smp Manba’Ul Ulum Asshiddiqiyah Jakarta”. 2019.
Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. Merdeka Belajar., No. November (2021), h. 289–302.
Rizal, Dede et al. “Metode Reward Dan Punishment Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab”. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS). Vol. 1 No. 2 (2023), h. 14–27.
Rofiqi, Moh. Zaiful Rosyid Ulfatur Rahma. Reward & Punishment Konsep dan Aplikasi Diedit oleh Mustajab Cet. 1. Malang, 2019.
Rosyid, Moh Zaiful, dan Aminol Rosid Abdullah. Reward & punishment dalam pendidikan. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.
Roviin. “EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Kajian Tentang Instrumen Tes)”. 2020 195–213.
Santrock, J. W., & Santrock, J. W. Psiklogi Pendidikan edisi kedua. Kencana Prenada Media, 2007.
Schaefer, Charles. Bagaimanaa Mendidik dan Mendisplinkan Anak. Jakarta, 1986.
Setiawan, Ebta. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)”. DigitalOcean n.d. tersedia pada https://kbbi.web.id/implementasi.
Shoimin, Aris. “68 Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum”. 2013. n.d. 159–61.
Subana, Marsetyo, dan M Sudrajat. “Statistik pendidikan”. Bandung: Pustaka Setia. 2000.
Subhan, Arief. “Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20 Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas”. n.d. 75.
Sudrajat, Sudrajat. “Halaqah Sebagai Model Alternatif Pembentukan Karakter Siswa”. Jurnal Kependidikan. Vol. 6 No. 1 (2018), h. 181–94. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1700.
Sugiono, Prof Dr. “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta. 2014.
Sugiyono. “Metode penelitian pendidikan”. 2012.
Sugiyono, D. “Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono”. Bandung: Alfabeta. Vol. 15 No. 2010 (2018).
Sugiyono, Dr. “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D”. 2013.
Sujana, Nana. Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Sujarnweni, Wiratna. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.
Sukmadinata, N S. Metode penelitian pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya, 2005. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=qXxjAQAACAAJ (2005).
Sunarto, Musyrifah. Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Bogor:Kencana, 2003.
Suprijono, Agus. “Cooperative Learning Yogyakarta: Pustaka Pelajar”. 2010.
Suroso, Jarot S. “Hipotesis (Jarot S. Suroso)”. BINUS GRADUATE n.d. tersedia pada https://mmsi.binus.ac.id/2020/10/24/hipotesis-jarot-s-suroso/.
Suryabrata, S. Metodologi penelitian. Rajawali Pers., n.d. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=1VO3nQEACAAJ.
Susilo, Herawati et al. Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.
Suwardi, Imam, dan Ririn Farnisa. “Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. 2 (2018), h. 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758.
Syah, Muhibbin. “Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru”. 2001.
-------. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya, 2006.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. THE BEHAVIOR OF ORGANISMS Sustainability (Switzerland). Vol. 11 2019. tersedia pada http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI (2019).
Wiyani, Novan Ardy. “Manajemen kelas: Teori dan aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.
Zuriah, N. Metodologi penelitian sosial dan pendidikan: teori, aplikasi. Bumi Aksara, 2006. tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=vWV1twAACAAJ (2006).















