ANALISIS DAMPAK MODUL INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Authors

  • Andromeda Valentino Sinaga Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Academic performance, digital learning, interactive modules, learning effectiveness.

Abstract

Teknologi digital, termasuk modul interaktif, telah diterapkan dalam pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa. Namun, penelitian tentang efektivitasnya terhadap kinerja akademik masih terbatas. Penelitian ini menganalisis dampak penggunaan modul interaktif terhadap pemahaman dan pencapaian akademik mahasiswa dengan metode kuasi-eksperimen pretest-posttest kelompok kontrol. Sampel terdiri dari dua kelompok: eksperimen (menggunakan modul interaktif) dan kontrol (metode tradisional). Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, analisis akademik, dan kuesioner persepsi mahasiswa. Uji t berpasangan dan independen digunakan untuk mengukur perbedaan hasil belajar. Hasil menunjukkan kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor posttest lebih tinggi (rata-rata 21,8 poin) dibandingkan kelompok kontrol (12,3 poin). Mahasiswa yang menggunakan modul interaktif juga memperoleh skor akademik lebih baik dan merasa lebih termotivasi. Temuan ini mendukung bahwa pembelajaran berbasis teknologi meningkatkan efektivitas pendidikan. Oleh karena itu, integrasi modul interaktif direkomendasikan untuk meningkatkan pemahaman dan pencapaian akademik mahasiswa. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjangnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.

References

Adventyana, B. D., Salsabila, H., Sati, L., Galand, P. B. J., & Istiqomah, Y. Y. (2023). Digital Learning Media as an Implementation of Innovative Learning for Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3951–3955. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11640

Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validity of Interactive E-Modules as Learning Media to Train Spatial Visual Intelligence in Covalent Bonding Material. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473

Badrus Sholeh, Ahmad Hufad, and Maman Fathurrohman. (2023). "Utilization of Interactive E-Modules in Independent Learning According to Student Capacity." Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 665-672. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458

Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). Interactive E-Modules as Arabic Learning Media to Increase Student Motivation. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). The Use of Interactive Media Based on E-books in Elementary Schools. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3503

Jabnabillah, F., & Nur Margina. (2022). Pearson Correlation Analysis in Determining the Relationship Between Learning Motivation and Learning Independence in Online Learning. JURNAL SINTAK, 1(1), 14–18. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/23

Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Cooperative Learning Strategies in Enhancing Student Learning Motivation. CENDEKIA: Journal of Social Sciences, Language, and Education, 4(2), 69–81. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869

Linda, R., Zulfarina, Z., Mas’ud, M., & Putra, T. P. (2021). Increasing Student Independence and Learning Outcomes through the Implementation of Integrated Science Interactive E-Modules (Connected Type) on Energy Materials in Junior High Schools. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012

Putu Rissa Putri Intari Dewi, Ni Made Winda Wijayanti, & I Dewa Putu Juwana. (2022). Effectiveness of Digital Learning Media Assemblr Edu in Mathematics Subjects at SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98 - 109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961

Qotimah, I. (2022). Criteria for Developing Interactive E-Modules in Distance Learning. Indonesian Journal of Learning and Counseling, 4(2). https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i2.1435

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementation of Digital Learning Media During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.54082/jupin.39

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analysis of the Benefits of Using Interactive E-Modules as Distance Learning Media During the COVID-19 Pandemic. Khazanah Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Sinaga, A. V. (2025). ANALISIS DAMPAK MODUL INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(1), 135–145. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/441

Issue

Section

ARTICLES