STIMULUS KEMAMPUAN SOSIO-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN METODE PEMBELAJARAN FUN LEARNING EDUWISATA NDALEM KERTO

Authors

  • Sundari Sundari isi
  • Betty Yulia wulandari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Sosio-Emosional, anak usia dini, Fun Learning, eduwisata

Abstract

Stimulus kemampuan sosio-emosional pada anak usia dini adalah salah satu aspek penting dalam pendidikan anak. Kemampuan ini mencakup keterampilan berinteraksi dengan orang lain, pengelolaan emosi, dan pengembangan empati. Salah satu metode yang efektif dalam mendukung perkembangan sosio-emosional adalah melalui pembelajaran yang menyenangkan (fun learning), khususnya melalui kegiatan alam. Artikel ini membahas bagaimana fun learning dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan sosio-emosional anak usia dini khususnya usia 4-5 tahun. Penelitian ini mengkaji berbagai kegiatan alam yang dapat diterapkan, manfaatnya terhadap perkembangan sosio-emosional anak, serta pendekatan praktis dalam implementasi kegiatan tersebut

References

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Denham, S. A., & Brown, C. (2010). "Plays nice with others": Social-emotional learning and academic success. Early Education and Development, 21(5), 652-680.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The impact of enhancing students’ social and emotional learning: A meta-analysis of school-based universal interventions. Child Development, 82(1), 405-432.

Zinsser, K., Curby, T. W., & Denham, S. A. (2023). Social-Emotional Learning and Emotional Intelligence: Enhancing Self-Awareness and Academic Outcomes. Journal of Educational Psychology, 115(1), 55-72.

Bowers, A. J., & Gilkey, R. J. (2023). Self-Regulation in Early Childhood: Strategies for Supporting Effective Self-Management. Early Childhood Research Quarterly, 60, 83-98.

Perry, B. D., & Szalavitz, M. (2022). The Role of Social Awareness in Child Development: New Insights. Child Development Perspectives, 16(2), 90-101.

Meyer, L. H., & Meyer, R. D. (2023). Enhancing Relationship Skills in Children: Effective Strategies and Interventions. Journal of Applied Developmental Psychology, 85, 101-115

Berk, L. E., & Winsler, A. (2022). Scaffolding Children's Learning: The Role of Play and Fun in Developing Social and Emotional Skills. Oxford University Press.

Rahmawati, D., & Fitriani, R. (2021). Kegiatan Alam dan Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 12(3), 189-204.

Susanto, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam terhadap Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 5(1), 45-54.

Wulandari, S., & Santosa, A. B. (2019). Pengaruh Kegiatan Alam terhadap Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 120-135.

Putri, M. R., & Kurniawati, T. (2022). Pendidikan Berbasis Alam dan Pengambilan Keputusan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 75-89.

Nurhayati, M.Psi., Anita, Dewi Trisnawati, Rahayu Astuti, Rizkiya Maisaroh, Feby Rizky, Fira Fahlefi, Mahligai Candra Putri, Riza Ayani, Afraida Hardisa, Siti Nuramiza. 2023. PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI.Widina Bhakti Persada Bandung

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Sundari, S., & wulandari, B. Y. (2025). STIMULUS KEMAMPUAN SOSIO-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN METODE PEMBELAJARAN FUN LEARNING EDUWISATA NDALEM KERTO . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(1), 14–25. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/442

Issue

Section

ARTICLES