KEGIATAN BERMAIN PLASTISIN TERHADAP PENINGKATAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI DI POCENTER (PONOROGO EARLY EDUCATION CENTER)
Keywords:
Bermain Plastisin, Kreatifitas, Anak Usia Dini, PocenterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran melalui permainan plastisin yang dilakukan di Pocenter. Lebih lanjut adalah memaparkan keterkaitan pelaksanaan permainan plastisin terhadap peningkatan kreatifitas anak usia dini di lembaga Pocenter. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber primer penelitian meliputi, kepala sekolah dan fasilitator lembaga pendidikan anak usia dini Pocenter. Adapaun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahapat yaitu, teknik pengumpulan data, teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan bermain plastisin yang dilakukan di Poccenter terbilang sangat berhasil. Hal ini ditandai dengan antuasme anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Lebih lanjut tahapan dalam bermain plastisin terbagi menjadi tiga yaitu, tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan tersebut memberikan peranan penting dan saling berkaitan jika ditinjau berdasarkan indikator tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya yaitu mengembangkan kemampuasn kreatifitas anak. Bermain plastisin juga memiliki dampak baik bagi kemampuan kreatifitas pada anak usia dini. Pertama, berfikir kreatif meliputi melatih kemampuan sensorik anak, mengembangkan kemampuan berpikir, meningkatkan self-esteem, mengasah dan kemampuan berbahasa memupuk kemampuan sosial. Kedua, sikap dan perasaan meliputi Upaya rasa ingin tahu, Imajinatif, dan Merasa tertantang oleh kemajemukan atau pluralisme.
References
Alini. 2017. “Pengaruh Terapi Bermain Plastisin (Playdought) Yang Mengalami Hospitalisasi Di Ruang Perawatan Anak RSUD Bangkinang Tahun 2017.” Jurnal Akuntansi 11 (2): 1–10.
Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Media Utama.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21 (1): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Guslinda, and Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.
Hariyanto, and Suryono. 2011. Belajar Dan Pembeajaran Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hasan, Maimunah. 2010. Membangun Kreativitas Anak Secara Islami. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.
Ismail, A. 2006. Education Games Menjadi Cerdas Dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Jumriatin, Jumriatin, and Laode Anhusadar. 2022. “Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.” PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 4 (1): 31–49. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.815.
Khasna, Fadzilatul, and Muhammad Nofan Zulfahmi. 2024. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Penerapan Media Buku Pop-Up.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 6 (2): 40. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2673.
Kristiana, Dian. 2016. “2 JI II (I) (2017) INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Kesenian Reyog Ponorogo,” no. I, 12–27.
Mamang, Sangadji Etta. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarata: Andi Offset.
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, and Agung Hartoyo. 2022. “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6 (5): 7840–49. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617.
Miles, M B, A M Huberman, and J Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications.
Moradkhah, Vahid, and Mahboobeh Alborzi. 2016. “Relationship between Emotional Awareness and Social Creativity in Primary School Students.” International Journal of Medical Research & Health Sciences 5 (S): 222–28. www.ijmrhs.com.
Mustiani, Nabila, Mahmud MY., and Najmul Hayat. 2023. “Kegiatan Bermain Plastisin Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Journal of Educational Research 2 (1): 31–42. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.200.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Ritonga, Juliana. 2023. “Pengaruh Bermain Inplastisin Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Dipaud An-Nish Padang.” Qolam Lil Athfal Stit AL-Bukhary.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Supriyadi. 2001. Kreativitas Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Deni, and Desyandri Desyandri. 2022. “Dampak Penggunaan Metode Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Anak Usia Dini.” Aulad: Journal on Early Childhood 5 (3): 365–72. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.403.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Swartz. 2005. Paydought: Whats Standart Young Chidern. New York: Mc Graw-Hill.
Triharso, Ahmad. 2013. Permainan Kreatif Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Offset.
Wulandari, Wahyu. 2022. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional ‘Gempuran.’” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 4 (2): 56. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.924.















