SISTEM PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS CANVA DAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR

Authors

  • Abdullah Reza Pratama Institut Bakti Nusantara
  • Dian Puspita Institut Bakti Nusantara
  • Elsa Puspita Sari Institut Bakti Nusantara
  • Fajar Pangestu Institut Bakti Nusantara
  • Hizba Nurazizah Institut Bakti Nusantara

Keywords:

Canva, Artificial Intelligence, pembelajaran digital, efektivitas belajar, teknologi Pendidikan

Abstract

Kemajuan teknologi digital diera yang sekarang,telah mendorong munculnya berbagai inovasi baru khususnya dalam dunia pendidikan. Dua teknologi yang kini banyak dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah Canva sebagai platform penyampaian materi secara visual, dan Artificial Intelligence (AI) sebagai alat pendukung personalisasi pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji integrasi antara Canva dan AI dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa. metode yang digunakkan adalah studi pustaka dan observasi terhadap penerapan kedua teknologi dalam perkembangan pembelajaran digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa Canva mampu membantu guru dalam menyampaikan materi secara menarik dan interaktif, sedangkan AI memungkinkan penyesuaian materi dengan kebutuhan individu siswa. Integrasi teknologi keduanya dapat memberikan peluang besar dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih adaptif dan efisien di era digital.

References

Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28-32.

Maola, P. S., Handak, I. S. K., & Herlambang, Y. T. (2024). Penerapan artificial intelligence Dalam pendidikan di era revolusi industri 4.0. Educatio, 19(1), 61-72.

Lukman, L., Agustina, R., & Aisy, R. (2023). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang. Madaniyah, 13(2), 242-255.

Nugroho, A. A., & Rahmawati, D. (2023). Implementasi Canva dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran digital di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 45-53.

Sari, D. N., & Anshori, M. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran visual untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 88-95.

Helmaya, H., Siregar, H., & Rahayu, N. (2023). Meta-Analisis sebagai Pendekatan dalam Penelitian Pendidikan: Studi Literatur terhadap Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 12(1), 45–58.

Surnati, R., Handayani, S., & Maulana, D. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 112–123. https://doi.org/10.1234/jtp.v8i3.1123

Yusuf, M., & Mariana, A. (2021). Media Visual Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(2), 75–85.

Yusuff, F. (2023). Penerapan Meta-Analisis dalam Studi Pendidikan Modern: Pendekatan dan Tantangan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(4), 200–213.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Pratama, A. R., Puspita, D., Sari, E. P., Pangestu, F., & Nurazizah, H. (2025). SISTEM PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS CANVA DAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 185–191. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/448

Issue

Section

ARTICLES