PERAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA DI INSTITUT BAKTI
Keywords:
Artificial Intelligence, Pembelajaran Mahasiswa, Teknologi Pendidikan, AI dalam PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi Teknologi Artificial Intellegence (AI) dalam memperbaiki proses pendidikan mahasiswa di Institut Bakti Nusantara. Dengan melakukan analisis informasi terkait program penelitian sistem informasi, ditemukan bahwa banyak responden memanfaatkan berbagai platform AI seperti ChatGPT, Gemini, dan lainnya, untuk mendukung studi mereka dan menyelesaikan tugas akademik. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa pemanfaatan AI dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, mendorong studi mandiri, serta memungkinkan penyesuaian pembelajaran secara individu. Namun, ada juga tantangan yang perlu diperhatikan, seperti ketergantungan berlebihan pada teknologi, masalah etika, perlindungan data, dan ketidakmerataan dalam akses teknologi. Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan AI secara bijaksana dan etis dalam pengembangan universitas untuk memaksimalkan keuntungan bagi mahasiswa.
References
Amal, B., Wulandari, R.S., Rahmadina, R., Pratama, S. G., Ramadani, W. D., & Suryani, I. (2024)
Pengaruh dan Peran Penggunaan Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi UNSIKA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 45175–45181.
http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/21490
Ayuningtyas, G. F., Fahranie, H. K., Muslimah, I., Hadiansyah, S., Elzahra, S., & Setiawan, B. (2024) Pengaruh Penggunaan AI terhadap Peningkatan Critical Thinking Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(4), 405–. https://doi.org/10.61227/arji.v6i4.234
Fatmawati, F., Sari, M. N., Setianti, Y., Saleh, K., & Pitra, D. H. (2024) Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa di Pendidikan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 20148–20157. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6070
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024) Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia. [Artikel belum tersedia di jurnal terindeks, informasi berdasarkan email korespondensi: fawaizraihan90@upi.edu]
Harmilawati, R., Rifqatussa’diyah, R., Amalia, P., Majid, H. A., & Sahrah, I. A. (2024) Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 26–31. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3134
Harsya, N. H., Claudia, Z., Wulandari, M., Kumala, A. W., & Rismawati, N. S. (2024) Evaluasi Pandangan Mahasiswa UNNES terhadap Dampak Positif dan Hambatan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) (ChatGPT) dalam Pembelajaran. Jurnal Majemuk, 3(2). https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk/article/view/688
Wardhana, D. E. C., Sarwono, S., Yulistio, D., Subakti, A., & Jamaludin, J. (2024) Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Penggunaan Artificial Intelligence (AI) di Prodi Ilmu Fisika. Fundamentum: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(2), 24–34. https://doi.org/10.62383/fundamentum.v2i2.124
Waqqor Bukhori, M., Giyaatsusshidqi, M., Agustina, N., & Sabilal Huda, Y. (2024) Implementasi Penggunaan AI dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2023. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 107–116. https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580
Yumna, Y. S. H., Bukhori, M. W., Giyaatsusshidqi, M., & Agustina, N. (2024) Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence ( AI) dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2023. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2), 50–55. https://doi.org/10.9000/jpt.v3i2.1629