PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI TEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA STICKY NOTE DI KELAS III SD KRISTEN KAIWATU

Authors

  • June Ermel Kufla Universitas Pattimura
  • C. S. Ayal Universitas Pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura

Keywords:

Hasil Belajar, Nilai Tempat, Team Games Tournament, Sticky Note

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIa SD Kristen Kaiwatu pada materi nilai tempat melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media sticky note. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 6,8 pada pra tindakan, menjadi 7,4 pada siklus I, dan meningkat menjadi 8,3 pada siklus II. Model pembelajaran TGT menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif. Sementara itu, media sticky note membantu siswa memvisualisasikan konsep nilai tempat dengan lebih mudah

References

Afifah, U. U. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.115

Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas.3(1), 1-5.

Christian, R. Mawardi. Astuti S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Student Team Achievment Divisions (Stad) dan Teams Game Tournament (TGT) Siswa Kelas 4 SD.JTIEE. 2(1), 75-84.

Hamdani, M. S., . M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Huda, Miftahul. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3DDI Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar, 6(2), 53–66. https://doi.org/10.24042/AJPM.V6I2.43

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Theory Research and Practise. Boston: Allyn&Bacon.

Sugiyono, Eko Iman. (2014). Variabel Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Suprijono, Agus .(2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Kufla, J. E., Ayal, C. S., & Moma, L. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI TEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA STICKY NOTE DI KELAS III SD KRISTEN KAIWATU. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 216–222. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/450

Issue

Section

ARTICLES