TEKNIK DAN TANTANGAN PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Keywords:
Canva., Teknologi Pembelajaran, Media Digital, Literasi Digital, PendidikanAbstract
Potensi teknologi pendidikan dan penerapannya di sekolah masih menjadi persoalan, khususnya dalam pemanfaatan media pembelajaran digital seperti Canva. Meskipun Canva dikenal sebagai platform desain grafis yang mudah digunakan dan mendukung pembelajaran kreatif, banyak guru dan siswa belum memaksimalkannya karena keterbatasan literasi digital dan infrastruktur teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teknik pengoperasian Canva, manfaatnya dalam pendidikan, tantangan yang dihadapi dalam implementasinya di sekolah, serta solusi strategis yang dapat diterapkan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi dokumentasi dan literatur relevan. Hasil menunjukkan bahwa Canva dapat meningkatkan keterlibatan dan kreativitas peserta didik, serta mempermudah guru dalam menyusun materi ajar visual. Namun, implementasi masih terkendala pada minimnya pelatihan, akses perangkat, dan integrasi dalam kurikulum. Kesimpulannya, Canva memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran digital jika didukung oleh pelatihan, perencanaan kurikulum, dan fasilitas yang memadai.
References
Eny Suryaningsih and Fatkhul Maarij. 2023. “Tantangan Dan Hambatan Dalam Penerapan Literasi Numerasi Pada Proses Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva,” Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV 15, no.1.
Rahmawati,dkk. 2024. Pemanfaatan aplikasi canva dalam penyusunan media pembelajaran berbasis teknologi, Communnity Development Journal, Vol. 05. No.01.
Toyyibah and & Ibrahim. 2019. “Month 3 2 3 2,” 37th European Photovoltaic Solar Energy Conference (EUPVSEC) 16, no. 1 .
Tri Wulandari & Adam Mudinillah. 2023. Efektifitas penggunaan aplikasi CANVA sebagai media pembelajaran IPA MI/SD, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2023. Vol. 02, No. 01.