MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IV SD KRISTEN TOUNWAWAN
Keywords:
Keaktifan Siswa, Mata Pelajaran PKn, Model Pembelajaran Project Based LearningAbstract
Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK berfokus pada kelas atau proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas.Subjek penelitian ini adalah pada siswa-siswi kelas IV SD Kristen Tounwawan Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya dengan jumlah siswa 9 orang.Pada penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,tes,dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan dua cara : data kualitif berupa catatan lapangan,wawancara,observasi,metode dokumentasi.dan Data Kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh, dikatakan berhasil sebab semua siswa memperoleh peningkatan nilai yang sesuai dengan KKM yang ditentukan yaitu 70. Sehingga dijabarkan, 4 siswa yang mendapat nilai 85 (85%),3 siswa yang mendapatkan nilai 75,(75%) 2siswa yang mendapatkan nilai 95 (95%),dengan demikian dapat di jelaskan bahwa 4 siswa (85%) siswa yang memperoleh nilai ≥ 70, sedangkan 3 siswa (75%) siswa yang memperoleh nilai ≥ 70. 2 siswa (95%) siswa yang memperoleh nilai ≥ .Rata-rata pencapaian siswa pada siklus 11 yaitu 83,88.
References
Depdiknas 2003, Undang-Undang Ri No.20 Tahun 2003. Tentang System Pendidikan Nasional.
Daryanto dan Raharjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Muhibbin, Syah. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2014. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2017). Hasil Belajar dan pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta Kencana.
Sugihartono. (2015). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono, (2016).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, Eko Iman. (2014). Variabel Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Syah, Muhibbin. 2007, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung PT, Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.