INOVASI PEMBELAJARAN PKN MELALUI MEDIA POSTER DAN INFOGRAFIS DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA
Keywords:
Pembelajaran PKN, media poster, infografis, persatuan dan kesatuan, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media poster dan infografis dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa pada siswa kelas IV MI Al Hikmah Kajen. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya ketertarikan siswa terhadap materi PKN yang bersifat normatif dan kurang kontekstual, serta pentingnya pendidikan karakter kebangsaan sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster pada siklus I meningkatkan ketertarikan siswa, tetapi pemahaman konsep masih terbatas, dengan hanya 60% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II, setelah ditambahkan media infografis, keterlibatan dan pemahaman siswa meningkat signifikan, dengan 92% siswa mencapai KKM. Selain peningkatan hasil belajar kognitif, siswa juga menunjukkan perubahan positif dalam sikap, seperti toleransi, kerja sama, dan kebanggaan terhadap kebhinekaan
References
Adi Putra, Rifki Ramzan, Yunisca Nurmalisa, dan Devi Sutrisno Putri. 2024. “Peningkatan Pemahaman Konsep Kolaborasi Antar Budaya di Indonesia pada Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Poster Digital.” Jurnal of Sains Cooperative Learning and Law 1, No.2:176–86.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasnawati, -. 2012. “Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 3 (1). https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635.
Ikhsani, Adam. 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS INSTAGRAM PADA KAJIAN MATERI TUMBUHNYA JIWA NASIONALISME.” JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah 3 (1): 19–26. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.23860.
Jean, Piaget. 1969. The Psychology of the Child. New York: Basic Books.
Kemmis, Stephen, dan Robin McTaggart. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew B, dan A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. California: Sage Publication.
Nasurllah, Muhammad, Hamdan Adib, Syafrawi, dan M. Sahibudin. 2021. “DALE’S THEORY DAN BRUNER’S THEORY (ANALISIS MEDIA DALAM PENTAS WAYANG SANTRI KI ENTHUS SUSMONO).” Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman 8 (2): 225–38.
Nugroho, Dedi. 2021. Desain Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Yogyakarta: Deepublish.
Nurbaidah, Ririn, Sudarti, dan Rusdhianti Wahyuningrum. 2024. “Model PjBL Perbantuan Media Indografis dalam Pembelajaran P5 Tema Kearifan Lokal Melalui Kebun Sekolah Mini di SDN Rowotengah 03.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09 Nomer 02:7347–62.
Pujilestari, Yulita, dan Afni Susila. 2020. “Pemanfaatan Media Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi 19 (02): 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334.
Putri, Akhda Maulidda, dan Apri Irianto. 2025. “PEMANFAATAN MEDIA POSTER BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NORMA DAN ATURAN DI SEKITAR KITA KELAS VI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10 (01): 338–48. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23364.
Putri, Chintia Faradila, dan Erwin Rahayu Saputra. 2022. “Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran PPKn di Kelas Tinggi.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 3 (2): 127. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.12807.
Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.