PENERAPAN MODEL DIRECT LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN LETODA

Authors

  • Nisye A. Pitanlakor Universitas Pattimura
  • Fransheine Rumtutuly Universitas Pattimura
  • Stelie D. Ratumanan Universitas Pattimura
  • Jekriel Septory Universitas Pattimura

Keywords:

Hasil Belajar, Direct Learning, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatakan hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Letoda dengan penggunaan pembelajaram model direct learning. Metode yang diguakan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kristen Letoda yang berjumlah 20 Orng di antranya 12 Orang siswa perempuan dan siswa laki-laki berjumlah 8. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. hasil tes akhir siklus II menunjukan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar pada tes awal 10% mengalami peningkatan pada siklus I 70% pada siklus II menjadi 100% %, pada siklus II. Hal ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran direct learning berdampak positif terhadap proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Kristen Letoda.

References

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learninguntuk MeningkatkanHasil Belajar pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.5-9

Dharin, A., Aziz, K. D., & Waseso, P.H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Berwawasan sSsial-Budaya. Portal Ejournal IAIN Purwokerto, 25(1), 1 14.http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/3919.

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519.

Nilayuniarti, N. P., Kt, D. B., & Semara, N. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. 8(3), 445–456.http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.

Pane, N. A., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. Wayan. (2020). The Effect Of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills of High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 112–119.http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32892.

Purwanto, (2011). Evaluasi Hasil Belajar, Yokyakarta: Pustaka Belajar

Rusman, (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung : CV. Alfabeta.

Sudjana, (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.

Supartini, Komang, Wiwik. (2021). Penerapan model pembelajaran direct learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran food and beverage pada kompetensi menerapkan teknik platting dan garnish. Journal of Education Action Research, 5(2), 194-199.

Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115–120. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Pitanlakor, N. A., Rumtutuly, F., Ratumanan, S. D., & Septory, J. (2025). PENERAPAN MODEL DIRECT LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN LETODA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 178–184. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/458

Issue

Section

ARTICLES