PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DI SD PESANTREN ULLUMUL ISLAM
Keywords:
augmented reality, organ pencernaan manusia, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran poster berbasis augmented reality (AR) untuk materi organ pencernaan manusia serta menguji kevalidan dan respons peserta didik terhadap media pembelajaran. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), subjek penelitian ini melibatkan 16 peserta didik kelas V SD Pesantren Ullumul Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pengujian kelayakkan produk di nilai oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Hasil dari penelitian menunjukkan media pembelajaran ini sangat valid dengan presentase ahli media sebesar 95,19% dan dari ahli materi sebesar 97,33%, sementara respons peserta didik mencapai 94,06% dengan kategori sangat baik. berdasarkan temuan tesebut media pembelajaran poster berbasis teknologi augmented reality ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
References
Bina, N. S., Ramadhani, R., & Hasan, H. I. (2022). Digitalisasi pembelajaran bermakna melalui perancangan video animasi berbasis Powtoon Animation bagi guru sekolah dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2615. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.8889
Chairudin, M., Nurhanifa, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., & Atoillah, A. (2023). Studi literatur pemanfaatan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran matematika jenjang SMP/MTs. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1312–1318.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hanani, H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA di MTs. Negeri 1 OKU Timur. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 88–95.
Lamada, M. S., Riska, M., & WR, M. F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan aplikasi Construct 2 pada materi ekosistem siswa MTs Tanah Gunung. Jurnal MediaTIK, 132–137.
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “Perubahan Wujud Zat Benda” kelas V di SDN Sarakan II Tangerang.
Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi teori perkembangan kognitif Jean Piaget dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162.
Riska, M., Lamada, M., & Nurcahya, N. (2023). Augmented reality technology to improve student learning outcomes at SMK Negeri 1 Bantaeng. Proceedings of Vocational Engineering International Conference, 5.
Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 342–362.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran IPA di SD. Journal of Elementary School Education (Jouese), 1(2), 57–68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517
Yuliza, S. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.58222/jurip.v2i1.249