PERAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI YANG MENGAKOMODASI KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21 DI SD
Keywords:
Konstruktivisme, pembelajaran berdiferensiasi, kearifan lokal, gaya belajar, Pembelajaran abad 21Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran pendekatan konstruktivisme dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang mengakomodasi kearifan lokal guna memfasilitasi pembelajaran mendalam abad ke-21 di Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran abad ke-21 menuntut siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Pendekatan konstruktivisme, dengan penekanannya pada pembangunan pengetahuan aktif oleh siswa, dipandang selaras dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi yang mengakui keberagaman kebutuhan belajar siswa. Lebih lanjut, integrasi kearifan lokal diyakini dapat memberikan konteks yang relevan dan bermakna bagi siswa, sehingga meningkatkan keterlibatan dan pemahaman yang lebih mendalam.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan menerapkan pembelajaran inovatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen perencanaan pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif-interpretatif untuk mengidentifikasi bagaimana guru mengimplementasikan prinsip konstruktivisme dan pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi dengan kearifan lokal, serta bagaimana implementasi tersebut berkontribusi pada pengalaman belajar mendalam siswa.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai strategi guru dalam memadukan ketiga elemen tersebut dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung serta tantangan dalam implementasinya. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pengembangan model pembelajaran inovatif yang relevan dengan konteks lokal dan tuntutan abad ke-21 di tingkat SD.
References
Agusti, R., Syahrul, R., & Hakim, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930-942.
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran tematik di sekolah dasar dalam pandangan teori konstruktivisme vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2).
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68-77.
Febriani, M. (2021). IPS dalam pendekatan konstruktivisme (studi kasus budaya melayu jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66.
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67-73.
Marantika, J. E., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1-8.
Muthmainnah, A., Pertiwi, A. D., & Rustini, T. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 41-48.
Ningrum, M., & Andriani, R. (2023). Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100.
Nuryati, N., & Fauziati, E. (2021). Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab. Semarang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86-95.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal pedagogy, 15(1), 75-94.
Rummar, M. (2022). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580-1588.
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29-35.
Suoth, L., Mutji, E. J., & Balamu, R. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 48-53.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.
Safitri, D. (2024). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 55-69.
Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan pembelajaran abad-21 di sekolah dasar dalam mencapai target dan tujuan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116-123.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).