PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RALLYCOACH UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI WAKARLELI

Authors

  • Kristi Talpia Universitas Pattimura
  • Leonid Retiauw Universitas Pattimura
  • Jekriel Septory Universitas Pattimura

Keywords:

model rally coach, hasil belajar IPS, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model rally coach pada mata pelajaran IPS materi pokok menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Kelas IV SD Negeri Wakarleli Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini dalam siswa kelas IV SD Negeri Wakarleli yang berjumlah 21 siswa, laki-laki sebanyak 13 siswa dan perempuan sebanyak 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk membentuk ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan nilai rata-rata 70,4%. Sementara itu pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan nilai rata- rata 90,4%. Dari kedua perolehan siklus I dengan siklus II, dengan demikian penggunaan model rally coach dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

References

Daryanto. 2010. Media pembelajaran, peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani.

Hidayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta : FIP UNY

Sudjana, Nana. (2009) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research, Vol. IV (3): 320 – 325

Santoso, D., Prasetyo, A.,& Muniroh, Z. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Rally Coach Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa STMIK Pranata Cileungsi. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, Vol 4(1): 33-51.

Sari, R.K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 (1).

Souhoka, R., dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Roun Table dan Rally Coach Berbantuan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Communication Siswa. Jurnal: Kamboti of Journal Education Research and Development (KJERD), Vol. 3(1) : 1-7.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Talpia, K., Retiauw, L., & Septory, J. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RALLYCOACH UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI WAKARLELI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 223–229. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/461

Issue

Section

ARTICLES