PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDK ONEKORE 1
Keywords:
Tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Abstract
Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDK ONEKORE 1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tahap perencanaan, pelakanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa dari 56% pada pra tindakan menjadi 84% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan model THINK PAIR SHARE dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa secara signifikan.
References
Adilah, N. (2017). Perbedaan hasil belajar IPA melalui penerapan metode mind map dengan metode ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98-103.
Desstya, A. (2014). Kedudukan dan aplikasi pendidikan sains di sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193-200.
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57-64.
Manurung, R. T. (2012). Pendidikan antikorupsi sebagai satuan pembelajaran berkarakter dan humanistik. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 227-239.
Ningsih, N. S., & Rustam, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SD. Arus Jurnal Pendidikan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, 1(1), 1-5.
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1-10.
Saputra, E. E. (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 1-5.