PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SD TENTANG KONSEP ENERGI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SDI WOLOGAI

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores
  • Apolonia Elista Mude Universitas Flores
  • Maria Ominingsi Dea Universitas Flores
  • Reynaldi N.S. Kelen Universitas Flores

Keywords:

Model pembelajaran berbasis proyek, peningkatan pemahaman siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa di SD tentang konsep energi melalui pembelajaran berbasis proyek di SDI WOLOGAI kelas III . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian merupakan siswa kelas III SDI WOLOGAI yang berjumlah 10  orang. Data dikumpulkan dengan teknik tes, catatan lapangan dan wawancara. Data kemudian dianalisis dengan membandingkan persentase ketuntasan minimal secara klasikal pada setiap akhir siklus. Hasi penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman Tentang konsep Energi melalui pembelajaran berbasis proyek.

References

Thomas (2000) dalam artikelnya "A Review of Research on Project-Based Learning", John Dewey tentang "learning by doing", oleh Bell (2010), dalam "Project-Based Learning for the 21st Century:Skills for the Future. Corwin Press.

Buck Institute for Education (BIE). (2015). PBLWorks: Gold Standard PBL Handbook for Elementary School. San Rafael, CA: Buck Institute for Education. Dewey, J. (2007). Experience and Education. Touchstone.Larmer, J., & Mergendoller, J. R. (2010). Project Based Learning: Leading the Way. ASCD.

Dewi, K., & Sari, N. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Topik Energi Alternatif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sains,

Dewi, K., & Sari, N. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Topik Energi Alternatif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sains,

Sukma, A. D., & Lestari, S. P. (2023). Integrasi STEM dalam Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,

Utami, R., & Handayani, T. (2025). Forthcoming. Pengembangan Model Project-Based Learning Berbasis Konteks Lokal untuk Pembelajaran Energi Gerak pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Inovatif.

unidar, J. (2019). PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KONSEP ENERGI GERAK . SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 140-153. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1637

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Abdullah, A. N., Mude, A. E., Dea, M. O., & Kelen, R. N. (2025). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SD TENTANG KONSEP ENERGI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SDI WOLOGAI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 238–245. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/463

Issue

Section

ARTICLES