PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ENERGI DAN PERUBAHANNYA DIKELAS IV SDK ONEKORE 1

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Maria Dolorosa Bara Universitas Flores
  • Alviani Giberti Sarce Universitas Flores
  • Lodovikus Carlisto Mbaja Universitas Flores

Keywords:

metode snowball throwing, hasil pembelajaran, konsep energi dan perubahannya

Abstract

rendahnya hasil belajar IPA siswa merupakan indikator yang jelas bahwa pembelajaran IPA masih belum efektif, dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu langkah yang dapat dilakuan untuk mengantisipasi masalah tersebut adalah dengan memilih metode pembelajaran yang tepat, Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang dinilai  efektif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar materi energi sains dan perubahannya antar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran lempar bola lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan metode pembelajaran lempar bola salju lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan metode perkuliahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan kelas dengan metode lempar bola salju dan dengan percobaan sederhana untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang materi perubahan energi.

References

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis aspek literasi sains pada buku teks pelajaran IPA kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56-66.

Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2018). Implementasi pendekatan student centered learning dalam pembelajaran ipa dan relevansinya dengan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 4 singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12-22.

Putri, D. I., Pratikto, H., & Wardana, L. W. (2016). Pengembangan Media Autoplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 133-138.

Kusumawati, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan snowball throwing terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn bondrang kecamatan sawoo kabupaten ponorogo. Jurnal Kependidikan dasar Islam berbasis sains, 2(1), 1-12.

Putri, E. Z., & Ekohariadi, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Chamilo Terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(3), 109-118.

Febrianto, A. (2013). Pengaruh keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI materi pembelajaran pembangunan ekonomi sma negeri 2 slawi. Economic Education Analysis Journal, 2(3).

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sariyyah, N., Bara, M. D., Sarce, A. G., & Mbaja, L. C. (2025). PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ENERGI DAN PERUBAHANNYA DIKELAS IV SDK ONEKORE 1. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 246–253. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/464

Issue

Section

ARTICLES