PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI ENERGI BUNYI MELALUI PENERAPAN MEDIA ALAT PERAGA
Keywords:
Media alat peraga, energi bunyi, pemahaman konsep, PTK, kelas IVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep energi bunyi pada siswa kelas IV SDK Lokoboko melalui penerapan media alat peraga sederhana. Berdasarkan observasi awal, banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep sumber, getaran, dan perambatan bunyi secara abstrak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media alat peraga seperti permainan telepon dari gelas plastic dan kaleng bekas, gelas berisi air, meningkatkan antusiasme belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep energi bunyi. Dengan demikian, penggunaan media alat peraga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan antusias siswa dalam pembelajaran konsep IPA.
References
Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 3(3), 1–23.
Aminulloh, A. M. (2014). PEMAHAMAN KONSEP SISWA Wahono Widodo Abstrak.
Iv, K., & Inpres, S. D. (2019). Copyright © 2019 JSEP https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep. 3, 26–46.
Journal, H., Multidsiplin, O., & Makassar, U. M. (2025). Pengembangan Media Kincir Angin Berbasis Baterai sebagai Alat Peraga Pembelajaran Energi dan Perubahannya. 2(1).
Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Maret, U. S. (2011). perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id.
Lestari, D. A., & Sucahyo, I. (2023). Pengembangan Alat Peraga Mini Sopetric (Solar Powered Electricity) pada Materi Energi Alternatif di Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 77–90. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p77-90
Media, P., Point, P., Meningkatkan, U., Belajar, H., Pada, S., Studi, B., Negeri, M. I., Cangkoak, S., Cirebon, D. K., & Riyadi, A. (2012). Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon 2012 M / 1433 H.
Ristianti, S., Khoiri, N., Saefan, J., & Ristanto, S. (2024). Literatur Review: Implementasi Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Kincir Angin Bertenaga Surya dengan Pendekatan STEM. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(1), 043–047. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.189
Rosidah, A. S., Alqurni, A., & Prayogo, M. S. (n.d.). Penggunaan alat peraga pada mata pelajaran ipa fisika tentang bunyi di sekolah dasar. 4.
Skor, D., & Pra, T. (n.d.). ngkatan Pemahaman Konsep Bunyi melalui Penggunaan Alat Peraga pada Siswa Kelas IV SDN [ Nama Sek Data Jumlah Siswa :
Verawati, Y., Hamdani, D., & Setiawan, I. (2022). Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Energi Dengan Menggunakan Solar Cell, Sensor Ultrasonik Dan Light Dependent Resistor Berbasis Arduino Uno. Amplitudo : Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 166–173. https://doi.org/10.33369/ajipf.1.2.166-173
Wulandari, A. P., & Ratnasari, Y. (n.d.). Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar | 149. 3(2024), 149–156.
Yunus Agustian, Dandan Luhur Saraswati, & Supardi U.S. (2023). Pembuatan Alat Peraga Roda Energi Guna Mempermudah Proses Pembelajaran IPA Terpadu. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 359–366. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1687