PENERAPAN ALEF EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Izza Afkarina Universitas Islam Jember
  • Tri Susilaningtyas Universitas Islam Jember
  • Syaifur Rohman Universitas Islam Jember

Keywords:

Penerapan, Minat Belajar, Media Pembelajaran, Alef Education, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya teknologi untuk membantu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Teknologi dalam dunia pendidikan merupakan suatu sistem yang mendukung pembelajaran untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pengenalan teknologi dalam pendidikan di Indonesia berarti bahwa teknologi dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan alat administrasi. Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di Indonesia memiliki dampak positif dan negatif (Lestari, 2018). Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika teknologi digunakan "dengan benar" dalam pembelajaran matematika, siswa dapat belajar matematika lebih kaya dan lebih dalam. (Dwi & Simanjuntak, 2019). Saat mempelajari matematika, teknologi dapat digunakan sebagai alat pembelajaran. Media merupakan alat atau sarana penyampaian materi kepada siswa. Seorang tenaga pendidik yang mengetahui bagaimana menciptakan suasana belajar mengajar yang kreatif dan inovatif yang dapat merangsang minat belajar siswa sedemikian rupa sehingga minat belajar yang awalnya rendah menjadi meningkat. Tentu saja salah satu yang mendukung suasana belajar adalah penggunaan media yang tepat. Media yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah Alef Education. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran Alef Education dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan hasil angket pada siklus I menunjukkan aktivitas siswa yaitu 48% kemudian pada siklus II aktivitas siswa meningkat 28%, yakni sebesar 80%.

References

Abu-Hilal, M. M., & al Abed, A. S. 2019. “Relations among Engagement, Self-Efficacy, and Anxiety in Mathematics among Omani Students.” [Abstract]. Electronic Journal of Research in Educational Psychology 17(2):242.

Almuhaimeed, A. 2022. “Evaluating the validity of Saudi English language undergraduate students’ results in light of proposed criteria.” [Abstract]. Journal of Language and Linguistic Studies 18(1):359.

Callahan, R. M., Humphries, M., & Buontempo, J. 2021. “Making Meaning, Doing Math: High School English Learners, Student-Led Discussion, and Math Tracking.” [Abstract]. International Multilingual Research Journal 15(1):1.

Cladis, A. E. 2020. “A Shifting Paradigm: An Evaluation of The Pervasive Effects of Digital Technologies on Language Expression, Creativity, Critical Thinking, Political Discourse, and Interactive Processes of Human Communications.” [Abstract]. E-Learning and Digital Media 17(5):1.

Dwi, E., & Simanjuntak, S. 2019. “Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Era Revolusi 4.0.” Jurnal Teknologi Pendidikan UNIMED, 431.

Harrell, S., & Bynum, Y. 2018. “Factors Affecting Technology Integration in the Classroom.” [Abstract]. Alabama Journal of Educational Leadership 5:12.

Karaoglan Yilmaz, F. G., & Durak, H. 2018. “Examining Pre-Service Teachers’ Opinions About Digital Story Design.” [Abstract]. Education and Information Technologies 23(3):1.

Lestari, S. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi.” Edureligia 2(2):99.

Moses Oladele, O., Blessing Funmi, K., & Atinuke Ruth, O. 2019. “The Impact of World Bank and Other International Organizations on Higher Education System in Nigeria.” [Abstract]. International Journal of Education and Literacy Studies 7(3):76.

Muhson, A. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8(2):4.

Payadnya, I. P. A. A., et al. 2022. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta. CV Budi Utama.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. 2019. “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 9(1):56.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 1989 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (n.d.).

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Afkarina, I., Susilaningtyas, T., & Rohman, S. (2025). PENERAPAN ALEF EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 263–272. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/466

Issue

Section

ARTICLES