UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IV SDI MBONGAWANI
Keywords:
Aktivitas belajar, pemahaman konsep, IPAS, think pair share, pembelajaran kooperatifAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDI Mbongawani. Subyek penelitian merupakan siswa kelas IV SDI Mbongawani yang berjumlah 33 Orang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru, ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami materi, kurang memperhatikan saat pembelajaran, serta terdapat siswa yang belum lancar membaca. Di sisi lain, siswa menunjukkan kemampuan yang baik dalam berdiskusi kelompok. Guru juga telah mempersiapkan media pembelajaran dengan baik, namun belum menyediakan modul ajar dan buku paket sebagai pendukung proses belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman materi IPAS siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya keaktifan siswa dalam diskusi, perhatian selama proses belajar, serta hasil evaluasi belajar yang menunjukkan peningkatan setelah tindakan dilakukan.
References
Erna, B., Ningsih, S., Sinar, B., & Jaya, A. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Mataram Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share ( TPS ). 9, 664–670.
Fadilah, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil dan Aktivitas Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Limit Fungsi. 6(1), 22–29.
Idayani, N. P. (2021). Pembelajaran Kooperatif Model TPS ( Think Pair Share ) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. 5(3), 416–422.
Kamil, V. R., Arief, D., & Miaz, Y. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 6025–6033.
Komang, N., Julia, T., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. 2(2), 239–249.
Namsa, N. (2024). EFFORTS TO ENHANCE IPS LEARNING OUTCOMES THROUGH THE THINK PAIR. 01(01), 605–611.
Penelitian, J., Pendidikan, A., Kurniawati, W., Rachmawati, D. A., Anggraini, D., Guru, P., Dasar, S., & Kunci, K. (2022). E d u k a s i. 14(02), 133–144.
Rati, N. W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. 1, 307–315.
Selatan, T. K. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswatentang Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Menggunakan Model Think Pair Share ( TPS ) di Kelas VI SDN 1 Masiangai II. 4(2), 79–88.
Yulianto, A. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Sdn 42 Kota Bima. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 6–11. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas