PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDK ONEKORE I

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Nurhalisa Ahmad Universitas Flores
  • Firmina Zangu Universitas Flores

Keywords:

Gaya, benda, pembelajaran kontekstual, pratikum, IPA SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDK Onekore tentang materi “Pengaruh Gaya Terhadap Benda” melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum. Materi ini penting untuk dipahami karena berkaitan langsung dengan fenomena yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Siswa melakukan berbagai kegiatan praktikum sederhana seperti mendorong,menarik,dan menekan benda untuk mengamati perubahan gerak dan bentuk. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model CTL berbasis praktikum mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan. Hal ini di buktikan melalui peningkatan nilai tes dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran ini efektif di gunakan untuk memperdalam pemahaman s iswa terhadap konsep gaya dalam IPA.

References

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).

Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Adnan, G. (2019). Hakikat Pembelajaran Sains dalam Inovasi Kurikulum Karakter.

Sari, N. L. (2023). Penerapan metode role playing dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VIII MTs Gaya Baru Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Wilda, A. (2020). Peran Model Pembelajaraan Kooperatif tipe Picture and Picture Dalam Menumbuhkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 1 Balong (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Suarjana, I. M., Riastini, N. P. N., & Pustika, I. G. N. Y. (2017). Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103-114.

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).

Nur’afifah, D., Kurniawati, L., & Gustiana, A. D. (2019). Meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui pembelajaran Tari Kijang. Edukid, 16(1), 24-33.

Fajarudin, A. A., & Zuhria, I. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperative LearningTipe STAD dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edu Ceria, 1(2), 105-121.

Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru.

Sama, S. P., Wahyuni, A., Anggraeni, A. D., Tonasih, S. S. T., Yoniartini, D. M., Amni, S. S., ... & Widiastuti, R. (2021). Psikologi Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sariyyah, N., Ahmad, N., & Zangu, F. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDK ONEKORE I. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 285–293. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/468

Issue

Section

ARTICLES