PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS III SDK LOKOBOKO

Authors

  • Jesica Fidelisia Dirma Universitas Flores
  • Rhofinus Lega Mudaj Universitas Flores
  • Monika Afilaria Mbindi Universitas Flores

Keywords:

peningkatan pemahaman siswa, eksperimen, zat dan perubahannya, PTK, kelas III

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan pemahaman siswa kelas III SDK Lokoboko terhadap materi zat dan perubahannya melalui penerapan metode eksperimen sederhana. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ipa yang bersifat abstrak jika hanya disampaikan secara teoritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah diterapkannya metode eksperimen sederhana. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil tes pemahaman siswa pada setiap siklus. kesimpulannya, metode eksperimen sederhana efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi zat dan perubahannya di kelas III SDK Lokoboko.

References

Nulhakim, L., Fajariyanti, N., Fahrana, D. N., & Mandalawati, N. E. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Zat dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Kelas VII. Inkuiri : Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 28–35. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.80174

Harayo, R. R., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2024). Pengembangan Alat Peraga Dari Barang Bekas Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Di Kelas 4 SD Negeri 3 Baledono. 5(2), 97–109.

Diana Rossa Martatiyana, Lina Novita, R. P. (2022). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1, 99–112. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v10i2.18840

Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281

Journal, I., & Education, O. (2025). Pengembangan Media PowerPoint Interaktif pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. 2(2021), 33–41.

Dasar, J. P. (n.d.). O n d a t i a. 8, 443–454.

Saomi, S. R., & Kade, A. (2021). J urnal P endidikan F isika T adulako O nline Student Difficulties in Solving Physics Problems on Non-uniform Linear Motion. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(2), 97–104.

Sumargiyani, S., Peni, N. R. N., & Nendra, H. W. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), 183. https://doi.org/10.24014/juring.v6i2.21736

Sinta, E., Hikmah, N., Nugraha, M. F., Permana, R., Guru, P., Dasar, S., & Tasikmalaya, U. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Luqytrik ( Ludo Qr Praktik ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Panjalu. 6, 24–33.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Dirma, J. F., Mudaj, R. L., & Mbindi, M. A. (2025). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS III SDK LOKOBOKO. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 294–303. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/469

Issue

Section

ARTICLES