MEDIA KUIS INTERAKTIF DENGAN APLIKASI CLASSPOINT

Authors

  • Widya Utari Universitas Negeri Medan
  • Raden Burhan Surya Nata Diningrat Universitas Negeri Medan
  • Adek Cerah Kurnia Azis Universitas Negeri Medan

Keywords:

Evaluation Media, Interactive Quiz, Classpoint Application, Fine Arts Criticism

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan media evaluasi dalam bentuk kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint untuk siswa MAN Asahan kelas X Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui kelayakan media evaluasi kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint pada materi kritik karya seni rupa berdasarkan validasi ahli media dan soal, 2) Mengetahui kefeektifan media evaluasi kuis interaktif berbasis aplikasi Claspoint pada materi kritik karya seni rupa bagi peserta didik, 3) Mengetahui kepraktisan media evaluasi kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan sampel 9 orang uji kelompok kecil dan 21 orang uji kelompok besar dengan metode Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang membantu proses pengembangan media evaluasi. Model pengembangan 4D berarti Define (pendefenisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan adalah angket, pada validasi ahli materi, media, dan guru seni budaya serta kuis interaktif pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media evaluasi dalam bentuk kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint pada materi kritik karya seni rupa kelas X MAN Asahan tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian ahli materi yang memperoleh skor 89,33% yang dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan materi, konstruksi dan Bahasa. Hasil dari penilaian ahli media memperoleh skor 84,85% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek rekayasa perangkat dan aspek tampilan visual. Dapat dilihat juga dari hasil uji coba produk pada uji coba kelompok kecil yang mencapai skor 83,33% dan uji coba kelompok besar dengan skor 84,90% yang dikategorikan sangat baik. Dapat diperkuat dari hasil angket respon peserta didik terhadap media evaluasi yang diuji cobakan pada uji coba kelompok kecil mencapai skor 88,33% dan uji coba kelompok besar mencapai skor 90,71% yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media evaluasi dalam bentuk kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D dapat digunakan sebagai alternatif dalam evaluasi pembelajaran.

References

Akbar. S (2013). Instruimein Peirangkat Peimbeilajaran. Banduing: PT Reimaja Rosdakarya.

Ardiningsih, D. (2019). Peingeimbangan Gamei Kuiis Inteiraktif seibagai Instruimein Eivaluiasi Formatif pada Mata Kuiliah Teiori Muisik. Juirnal Inovasi Teiknologi Peindidikan, 6(1), 92-103.

Cahyanti, A. D, Farida, Rakhmawati. M (2019). Peingeimbangan Alat Eivaluiasi Beiruipa Teis Onlinei/Offlinei Mateimatika Deingan Inspring Suiitei 8. Juirnal Peindidikan Sains dan Mateimatika Indoneisia. 2(3), 363-367.

Indriani, V. M. (2020). Peingeimbangan Leimbar Keirja Peiseirta Didik (LKPD) Beirbasis Poweirpoint pada Suibteima Keibeiragaman Buidaya Bangsakui Keilas IV Seikolah Dasar. JPGSD, 8(1), 1044-1052.

Jamuin, Y. M. (2018). Dampak Teiknologi Teirhadap Peindidikan. Juirnal Peindidikan dan Keibuidayaan Missio. 10 (1), 1-136.

Jeiklin, A. (2021). Peineirapan Meidia Preiseintasi Classpoint uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa pada Mata Peilajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Juirnal Peindidikan, 3(1),1-23.

Rahmi, M. S. M., Buidiman, M. A., & Widyaningruim, A. (2019). Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Inteiraktif Macromeidia Flash 8 pada Peimbeilajaran Teimatik Teima Peingalamankui. Inteirnational Jouirnal of Eileimeintary Eiduication, 3(2), 178.

Rizqiyah, H. (2011). Peingeimbangan Meidia Kuiis Inteiraktif Beirbasis Wondeirsharei Quiiz Creiator uintuik Keimahiran Qira’ah dan Kitabah Siswa Keilas XI Madrasah Aliyah. Skripsi. Juiruisan Sastra Arab-Fakuiltas Sastra UiM.

Sachari, A. (2006). Seini Ruipa dan Deisain uintuik SMA Keilas XI. Jakarta: Eirlangga.

Safira, F. B. (2022). Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Variasi Kuiis Inteiraktif deingan Artikuilatei Storylinei pada Mateiri Fabeil uintuik Meiningkatkan Minat Beiljar Siswa Keilas VII di SMP Neigeiri 02 Taluin. Juirnal Peineilitian, Peindidikan, Dan Peimbeilajaran, 17(15), 1-6.

Seitiawan, M. A., & Anam, K. (2021). Rancang Banguin Aplikasi Kuiis Inteiraktif Onlinei Meingguinakan Meitodei Fisheir Yateis Beirbasis Android. Compuiteir and Application Juirnal, 4(1).

Suigiyono. (2018). Meitodei Peineilitian Kuiantitatif, Kuialitatif, dan R&D. Banduing : Alfabeita.

Suihaeidin, Ei. (2000). Eivaluiasi Karya Seini Ruipa Dalam Konteiks Peindidikan. Diksi, 5(18), 71-81.

Thiagarajan, S. (1974). Instruictional deiveilopmeint for training teiacheirs of eixceiptional childrein: A souirceibook.

Triatmaja, A. K., dkk (2021). Optimalisasi Keimampuian Guirui Meilaluii Peilatihan Kuiis Inteiraktif Seicara Daring Beirbasis Teiknologi Informasi. Juirnal Suirya Masyarakat, 4(1), 45.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Widya Utari, Raden Burhan Surya Nata Diningrat, & Adek Cerah Kurnia Azis. (2023). MEDIA KUIS INTERAKTIF DENGAN APLIKASI CLASSPOINT. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 397–406. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/47

Issue

Section

ARTICLES