PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DAUN DI SD ONEKORE 6

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Faradiba Daeng Universitas Flores
  • Maria Lusiana Lelo Welan Universitas Flores
  • Emanuel Yosua Mango Universitas Flores

Keywords:

hasil belajar, Project Based Learning, praktikum, IPA, ecoprint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDI Onekore 6 melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis praktikum. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Onekore 6 yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan catatan lapangan. Pelaksanaan tindakan pada siklus ini telah mencapai target yang diharapkan karena guru dan siswa sudah mengenal dan terbiasa dengan model pembelajaran PjBL berbasis praktikum. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model tersebut. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang mencapai 94%, di mana 15 dari 17 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan dua siswa tidak tuntas karena tidak hadir. Dengan demikian, penerapan model Project Based Learning berbasis praktikum terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi konsep daun di kelas IV SDI Onekore 6.

References

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Gava Media.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Putri, A. R. (2022). Pemanfaatan teknik ecoprint sebagai media pembelajaran berbasis lingkungan. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 8(1), 55–62.

Rahmawati, Y., & Taylor, P. C. (2015). Integrating the aesthetic dimension into science education: Indonesian students’ experiences. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 16(1), Article 14.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Slavin, R. E. (2000). Educational psychology: Theory and practice (6th ed.). Allyn & Bacon.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation. http://www.bie.org

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.

Utami, N. W., & Ariyanti, N. S. (2021). Penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 145–153.

Wahyudin. (2012). Pembelajaran kontekstual dan implementasinya dalam kurikulum 2013. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sariyyah, N., Daeng, F., Welan, M. L. L., & Mango, E. Y. (2025). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DAUN DI SD ONEKORE 6. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 304–315. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/470

Issue

Section

ARTICLES