MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG CAHAYA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS IV SD
Keywords:
literasi sains, bahan ajar, gelombang cahaya, pembelajaran IPA, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang cahaya melalui penerapan bahan ajar berbasis literasi sains. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan literasi sains siswa sekolah dasar yang terlihat dari dominannya metode ceramah dan minimnya kegiatan penyelidikan ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas IV SDI Wolowona 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis literasi sains mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 78,57%, dan meningkat menjadi 92,86% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan pendekatan literasi sains efektif dalam membentuk pola pikir ilmiah dan meningkatkan partisipasi siswa.
References
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Khotimah, K., & Sutama, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 12–22.
Saputro, B. C., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 84–92.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sutrisno, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 35–44.
Yulianti, D. (2020). Literasi Sains dalam Kurikulum 2013: Tantangan dan Solusinya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 4(1), 45–51.