PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA KONSEP DAUR HIDUP HEWAN DI SDI ONEKORE 3

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Martina Nensa Universitas Flores
  • Petrus Aser Pa’o Universitas Flores

Keywords:

media alat peraga, hasil belajar, daur hidup hewan, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada konsep daur hidup hewan di SDI Onekore 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian dalah 16 siswa kelas IV, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 perempuan. Instrumen pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pada siklus I, pembelajaran menggunakan gambar dan model sederhana menghasilkan rata-rata ketuntasan sebesar 62,5%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II  dengan penambahan video animasi dan strategi pengelolaanyang lebih efektif , ketuntasan meningkat menjadi 93,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media alat peraga, seperti model daur hidup dan video animasi, dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan aktif siswa, dan hasil belajar secara signifikan. Selain itu, siswa menunjukkan ketertarikan yang lebih tinggi terhadap materi dan mampu membedakan jenis metamorfosis secara manidri. Dengan demikian, media alat peraga terbukti sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam menjembatani pemahaman terhadap materi abstrak seperti daur hidup hewan. Penelitian ini merekomendasikan agar guru secara aktif mengintregrasikan media konkret dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar.

References

Arikunto,S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Djamarah, S.B., & Zain,A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Paduan pengembngan bahan ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen

Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hosnan,M.(2014). Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suyanto,M., & Asep,J. (2009). Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Pustaka Belajar.

Trianto.(2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno,H.B. (2011). Model pembelajaran: menciptkana proses belajar mengajar yang kreatif dan afektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusri,M.(2016). Media pembelajaran: konsep dan aplikasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sariyyah, N., Nensa , M., & Pa’o, P. A. (2025). PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA KONSEP DAUR HIDUP HEWAN DI SDI ONEKORE 3. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 323–333. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/472

Issue

Section

ARTICLES