PEMANFAATAN VIDIO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MATERI ENERGI DI SDI ENDE 14

Authors

  • Elvira Mite Universitas Flores
  • Katrin Carolina Novita Nggirang Universitas Flores
  • Yohanes Donbosco Busa Universitas Flores

Keywords:

video pembelajaran, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan video pembelajaran sebagai media dalam proses pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa yang tercermin dari kurangnya partisipasi aktif dan antusiasme mereka dalam mengikuti pelajaran. Penelitian dilakukan di kelas v di SD ENDE 14 dengan jumlah siswa 22 orang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran secara efektif dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I, peningkatan minat belajar mulai terlihat namun belum optimal, sementara pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, baik dari segi keaktifan siswa, perhatian terhadap materi, maupun partisipasi dalam diskusi kelas. Dengan demikian, pemanfaatan video pembelajaran terbukti dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.

References

Azhar, A. (2020). Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 112–120.

Hidayati, N., & Santoso, D. (2021). Efektivitas Video Animasi dalam Pembelajaran IPA Materi Energi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 45–53.

Ningsih, R. S., & Fauziah, A. (2019). Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 145–153.

Pratama, R. Y., & Widodo, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Energi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 87–96.

Wulandari, A. D., & Supriyono, E. (2019). Efektivitas Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(1), 77–86

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Mite, E., Nggirang, K. C. N., & Busa, Y. D. (2025). PEMANFAATAN VIDIO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MATERI ENERGI DI SDI ENDE 14. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 334–342. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/473

Issue

Section

ARTICLES