PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRAGON BALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD INPRES WERWARU
Keywords:
Model Dragon Ball, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Sumber daya alam menggunakan model pembelajaran Dragon Ball untuk siswa kelas IV SD Inpres Werwaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Lokasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini berlokasi pada SD Inpres Werwaru. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Inpres Werwaru yaitu sebanyak 18 siswa. Hasil belajara siswa dengan menggunakan metode Dragon Ball terjadi peningkatan pada tes akhir siklus I mencapai 61,66%, terdapat 9 orang siswa yang tuntas, siklu II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,27%, terdapat 16 orang siswa yang tuntas.
References
Amelia, L., Setriani, L., & Febriani, T. (2023). Penerapan Metode Dragon Ball Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTSS Istiqomah Silaut . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 10036–10041.
Dhenis Engga Riyanti. ( 2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Pelajaran IPS pokok Bahasa mengenal sumber daya alam di lingkungan setempat dengan mengunakan model pembelajaran reciprocal di SDN Gebang 03 jember. Universitas jember.
Dwi Asmaningsih. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata Pelajaran IPS pokok Bahasa sumber daya alam di lingkungan setempat model Dragon Ball.
Nining Muliana. (2019) penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Dragon Ball dalam membangun kemampuan fleksibilitas siswa .
Ni’mah, M. (2023). Penerapan model pembelajaran Drgon Ball terhadap hasil belajar kualitatif IPS kela IV pada materi sumber daya alam.
Ni’mah, M., & Nabhar Fakhri Auliya, N. . (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Dragon Ball Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas VII Pada Materi Bangun Datar. Journal of Comprehensive Science, 2(4), 949–954.
Nining Muliana. (2019) penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Dragon Ball dalam membangun kemampuan fleksibilitas siswa .
Masruhatun Ni’mah dan nanang Nabhar Fakhir Auliya. (2022) peneliti Ini membuktikan bahwa model pmbelajaran Dragon Ball lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung dlam meningkatkan hasil belajar kulitatif IPS siswa kelas IV pada materi sumber daya alam.
Supriyanto, S. (2017). Peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata Pelajaran sumber daya alam .
Yusniyati, S. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam model contextual Teaching and learning di kelas IV SDN 28 Bongomeme. Universitas negeri Gorontalo.