MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENINGKATAN INTERAKSI GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA DI KELAS III SDI MBONGAWANI
Keywords:
Keaktifan belajar, interaksi guru, media pembelajaran sederhana, PTKAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui peningkatan interaksi guru dan pemanfaatan media pembelajaran sederhana di kelas III SDI Mbongawani. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara, ditemukan permasalahan berupa kurangnya perhatian guru terhadap siswa, rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, serta keterbatasan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDI Mbongawani yang berjumlah 18 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui peningkatan interaksi guru seperti memberikan pertanyaan terbuka, membimbing secara aktif, serta memberi penguatan positif dan pemanfaatan media pembelajaran sederhana seperti kartu bergambar, alat peraga, dan benda konkret, terjadi peningkatan signifikan dalam keaktifan belajar siswa. Keaktifan ditunjukkan melalui antusiasme menjawab pertanyaan, partisipasi dalam diskusi, serta keterlibatan dalam kegiatan kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan interaksi guru dan penggunaan media pembelajaran sederhana dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas III SDI Mbongawani.
References
Kinasih, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup melalui Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sidoharjo Polanharjo Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(4), 282. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i4.46434
Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.959
Pendidikan, J., Sosial, D. A. N., & Suniati, E. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Hewan di Sekitarku dengan Model Pembelajaran Make A Match di Kelas I SD Negeri Tabing Siring Tahun. 8(2), 42–59.
Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2177
Rahmiati, D. U., & Pribadi, E. S. (2014). Tingkat Pendidikan dan Status Ekonomi Pemilik Hewan Kesayangan dalam Hal Pengetahuan dan Penerapan Kesejahteraan Hewan. Jurnal Veteriner, 15(3), 386–394. https://doi.org/10.19087/jveteriner.2014.15.3.386
Riana Aprianti, R. A., Rakhmat, C., & Indihadi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Organ Gerakan Hewan Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 398–407. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5315
Salsabila, U., Joko, T., & Dangiran, H. L. (2018). Perbedaan Penurunan Chemical Oxygen Demand (COD) Melalui Pemberian Tawas Dan Poly Aluminium Chloride (PAC) Pada Limbah Cair Rumah Pemotongan Hewan Penggaron Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(4), 525–531.
Yahya, M. S. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdit Imam Syafiâ€TMI Petanahan Kebumen. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 232–246. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3065