PENGGUNAAN GAMES PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DI SDN IPI

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Elisabeth Angrani Dhae Universitas Flores
  • Sri Widiyanti Universitas Flores
  • Maria Ignes Owa Universitas Flores

Keywords:

gamez puzzle, pemahaman konsep, siklus hidup hewan, media pembelajaran, IPA SD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi siklus hidup hewan yang diajarkan dalam pembelajaran IPAS di SD. Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas III di SDN IPI. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian merupakan siswa kelas III SDN IPI yang berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan dengan teknik tes, catatan dan wawancara. Data kemudian di analisis dengan membandingkan hasih presentasi , hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting) berbasisi praktikum.

References

Safrina Junita, Haris Munandar. (2019). penerapan media puzzle untuk pemahaman materi daur hidup hewan di sekolah dasar dengan pendekatan sains - edutainment. STKIP Bangsa Getsempena.. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 6, No. 1.

Andi Wibowo, Istiqomatul Mufidah. (2022). media puzzle daur hidup hewan untuk menstimulasi peningkatan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. FKIP UNMA. Jurnal educatio. Vol. 8i2. No.1848.

Agus Saifudin Amin, Murnie Prirahayu A (2021). penggunaan media puzzle untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas 4 di SDI USMAH PAMEKASAN. Institut Dirosat Islamiyah (IDIA). Jurnal Konseling Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 2.

Nurasia, N., Indah, O. D., Ismayanti, I., Misbah, A. M. N. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa dalam peningkatan belajar IPA pada materi siklus hidup hewan menggunakan game edukasi media puzzle. Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.46339/al-nafis.v3i1.1009

Junita, S., &Munandar, H. (2019). penerapan media puzzle untuk pemahaman materi daur hidup hewan di sekolah dasar dengan pendekatan Sains-Edutainment. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 76-81. https://ejoernal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/922

Rahman, T. M. N., & Martadi, M. (2023). Perancangan Puzzle Board Game tentang Metamorfosis Serangga Untuk Anak SD Kelas 3. Jurnal Desgrafis, 5(2), 45-52. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/640077

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sariyyah, N., Dhae , E. A., Widiyanti, S., & Owa, M. I. (2025). PENGGUNAAN GAMES PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DI SDN IPI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 358–368. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/476

Issue

Section

ARTICLES