MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE OUTING CLASS KELAS 4 SDK. ROWOREKE 2
Keywords:
hasil belajar, IPAS, metode outing class, pembelajaran konvensional, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa melalui penerapan metode outing class pada materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SDK Roworeke 2. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa serta penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional, sehingga kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Roworeke 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode outing class dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap siklus. Dengan demikian, metode outing class terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan.
References
Handayani, N. T. (2022). Persepsi siswa terhadap pembelajaran IPA dan pengembangan keterampilan berpikir ilmiah [Skripsi, Universitas Islam Negeri Salatiga]. Repository UIN Salatiga.
Njarwati, R. (2020). Metode Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Pendekatan Kontekstual dan Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Edukasi.
Mulyani, S. (2024). Implementasi metode outing class dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 45–52.
Setiiyawan, D. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA di Kelas IV SDK Roworeke [Skripsi,Universitas Negeri Semarang].
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2016). Mengajar dan mempelajari keterampilan abad ke-21: Pelajaran dari ilmu pembelajaran. Asia Society
Nugraheni, R., & Kurniawati, D. (2021). Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 2841–2847. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1234
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Pendidikan. (2022). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 168. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Modul Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Fase B SD/MI. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Sulton, M. (2016). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.