PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI TENTANG ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS V SDN ROJA 1

Authors

  • Theresia Tomasin Longga Universitas Flores

Keywords:

Media, Teka-teki silang, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi adaptasi hewan dan tumbuhan melalui penggunaan media teka-teki silang di kelas V SDN Roja 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes evaluasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat membantu siswa memahami materi dengan cara yang menyenangkan dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, media teka-teki silang dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S., (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Astiti.

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. (2008). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tuntas (MasteryLearning). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah.

Erviana, V. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang “Keberagaman Kebudayaan Indonesia”

Muatan Pelajaran IPS bagi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Proceedings Series on Social Sciences &Amp; Humanities, (Online), 3, 190–196.

Hiasa, F., Youpika, F., & Yanti, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Sastra Melayu Klasik Berbasis Android. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, (Online), 5(2),

Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, (Online), 6(3), 405–411.

Nurdyansyah., (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Siberman, Melvin. (2014). Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Pratiwi, K. S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, (Online), 5(3),563–578.

Rıyanı, Fa., Zaman, W.I., & Kurnıa, I. (2022) Pengembangan Medıa Pembelajaran Teka Tekı Sılang Materı Alat Gerak Dan Fungsınya Pada Hewan untuk Sıswa Kelas V Sekolah Dasar. Thesis tidak diterbitkan. Kediri:

Universitas Nusantara PGRI Kediri

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Longga, T. T. (2025). PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI TENTANG ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS V SDN ROJA 1. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 415–422. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/480

Issue

Section

ARTICLES