PERAN KOMITE MADRASAH DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SINERGIS DENGAN KEPALA MADRASAH DI MIN 2 BULELENG
Keywords:
Peran Komite Madrasah, Peningkatan Mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini membahas peran Komite Madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MIN 2 Buleleng, Kabupaten Buleleng. Subjek penelitian adalah seluruh anggota Komite Madrasah yang berjumlah 401 orang. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana komite madrasah berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan di lembaga tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Komite Madrasah sangat penting dalam mendukung kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pendidikan di madrasah. Namun, efektivitas peran tersebut masih menghadapi berbagai kendala. Beberapa faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya peran Komite Madrasah antara lain: pertama, lemahnya kesadaran anggota terhadap pentingnya peran mereka dalam mendukung mutu pendidikan; kedua, rendahnya tingkat pendidikan sebagian besar anggota komite; dan ketiga, kondisi ekonomi anggota yang tergolong rendah, sehingga berdampak pada partisipasi aktif mereka dalam kegiatan madrasah. Kendala-kendala tersebut menjadi tantangan yang perlu diatasi melalui peningkatan pemahaman, pelatihan, dan dukungan dari pihak madrasah maupun pemerintah. Peningkatan kualitas dan partisipasi Komite Madrasah diharapkan mampu berkontribusi secara lebih signifikan terhadap kemajuan mutu layanan pendidikan di MIN 2 Buleleng.
References
Bertalanffy, L. von. (1968). General System Theory.
CAHYADIN, A. D. (2023). PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH (MBM) DI MAN 1 PRINGSEWU.
Marwan, E. (2017). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKANDI SEKOLAH. Pendidikan Dan Pemikiran, 12(2), 3.
Muslimin. (2021). OPTIMALISASI PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTs NEGERI 3 TUBAN. Tadris, 15(2), 48.
Nurbaeti. (2021). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 3.
NURSARAH, S. (2023). PERAN KOMITE MADRASAH DALAM MEMBERIKAN SARAN, PERTIMBANGAN, DAN REKOMENDASI DI MAN 1 PAREPARE.
Punaji, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangannya.
RI, D. A. (2015). , Pedoman Komite Madrasah.
Sa’diyah, R. (2019). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS). Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 2(1), 6.
TANJUNG, R. (2018). PERANAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LOPIAN KECAMATAN BADIRI KABUPATEN TAPANULI TENGAH.