PENERAPAN SULAP DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK KONSEP ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS IV DI SDI ONEKORE 6

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Aldofantino Manuel Lendong Universitas Flores
  • Maria Paskalina Rene Universitas Flores
  • Werner Tarbula Tang Universitas Flores

Keywords:

sulap edukatif, pembelajaran IPAS, konsep energi, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, media pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Onekore 6 pada mata pelajaran IPAS khususnya konsep energi melalui penerapan media pembelajaran sulap edukatif. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 15 siswa kelas IV yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Media sulap edukatif yang digunakan meliputi eksperimen lilin dan gelas untuk konsep energi panas, eksperimen sedotan dan kertas untuk energi gerak, serta eksperimen balon dan rambut untuk energi listrik statis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas siswa dari 78% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II, dengan rata-rata nilai kelas meningkat dari 72,33 menjadi 81,47. Penelitian ini membuktikan bahwa media sulap edukatif efektif mengubah konsep energi yang abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Media pembelajaran ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

References

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.

Briggs, L. J. (1977). Instructional Design: Principles and Applications. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.

Dale, E. (1969). Audio-Visual Methods in Teaching (3rd ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. D. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.

Khoir, M. A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 45-52.

Mauludin, R., Sukamto, & Purnama, A. (2017). Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(2), 138-149.

Putra, K. W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 25-35.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.

Selatan, M. P., Andayani, Y., & Hakim, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pijar MIPA, 16(2), 234-240.

Sinta, M., & Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Basicedu, 4(4), 1147-1155.

Syafril, S., & Zelhendri, Z. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sariyyah, N., Lendong, A. M., Rene, M. P., & Tang, W. T. (2025). PENERAPAN SULAP DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK KONSEP ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS IV DI SDI ONEKORE 6. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 430–442. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/482

Issue

Section

ARTICLES