PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Keywords:
kemampuan berbicara, buku cerita bergambar, anak usia diniAbstract
Penelitian ini berjudul "Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5–6 Tahun di RA Prestasi Ummi Annurah". Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan buku cerita bergambar digunakan untuk kegiatan pembelajaran serta peran media tersebut terhadap perkembangan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dilakukan dengan perencanaan yang matang dan langkah pembelajaran yang tersusun rapi oleh guru. Anak-anak menunjukkan keterlibatan aktif dalam kegiatan bercerita, mampu menyampaikan ide, menjawab pertanyaan, mengungkapkan pendapat, serta menceritakan kembali isi cerita yang dibacakan. Anak juga lebih mudah memahami isi cerita dan berani berinteraksi secara lisan dengan guru maupun teman. Buku cerita bergambar memiliki peran penting sebagai media yang interaktif dan menarik dalam menstimulasi perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia dini.
References
Adhani, V. L. R., & Lestari, T. (2021). Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media cerita bergambar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 8(1), 17-31. Tanah Tinggi Tangerang.
Ainayyah, W., & Nurhidaya, A. R. (2024). peningkatan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan mendongeng usia 5-6 tahun di tk ihya al-ilum universitas islam makassar. indopedia (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(2), 452-463.
Ambarwati, D., Fitrianti, H., Harmawati, D., & Sulistyowati, R. W. (2023). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Merauke. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(5), 91-96.
Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.
Dahlia, L., Thamrin, M., & Ali, M.S. (2023). kemampuan berbicara menggunakan bahasa indonesia anak usia 5-6 tahun tk keranjik.
Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran bahasa pada anak usia dini Melalui cerita bergambar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 190-103.
Dhieni, N. (2006). Metode Pengembangan Bahasa,(Jakarta: Universitas Terbuka).
Fadilah, S., Pranata, R., & Nuraini, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(1), 11–10.
Farenda, M. F. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar untuk Literasi pembelajaran Sains di sekolah dasar. Jurnal Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.
Fauziah, Z., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2020). Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 111-141.
Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK, 1(1), 15-16.
Hidayati. (2019). Penggunaan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak di TK Muslimat NU 05 (Skripsi, Universitas Islam Malang).
Hj. Nurhaena. Observasi dan wawancara, Makassar, 14 April-30 April
Ibrahim, D. M. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Panduan Penelitian Beserta Contoh.
Jafar, Y., & Surganingsih, M. (2021). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Pada Ra Jamiatul Khaer Kota Makassar). TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 101.
Kemdikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khadijah, K. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Khotijah, K. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak usia dini. Elementary, 1(1), 35-44.
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73.96.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. 2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.
Masruroh, F., & Ramiati, E. (2021). Pembentukan karakter gemar membaca pada anak usia dini melalui media buku cerita bergambar. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(6), 576-585.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media pembelajaran.
Paradilla, P. N., Sjamsir, H., & Putri, A. A. P. (2023). Penerapan Buku Cerita Bergambar dalam Pengembangan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 78-86.
Pratiwi, D., Arifin, H., & Sari, N. (2022). Analisis media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar. Jurnal Media Ilmiah Akademik, 4(1), 45–56.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 167-175.
Romlah, R., & Istiarini, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Kahfi
Santoso, H. (2011). Membangun minat baca anak usia dini melalui penyediaan buku bergambar. Universitas Negeri Malang.
Simanjuntak, S. D. H., Wahyuni, S., & Putri, A. A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar. CERDAS-Jurnal Pendidikan, 1(1), 13-34.
Syafnita, T., Muhamad, A., Mukhlisin, M., Wenselinus Nong, K., Hermania, B., Afrida Sriyani, H., ... & Vinsensius Bawa, T. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.
Syaodih, E., & Agustin, M. (2008). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wulyani, S., Djibran, A. K. S., & Lamadang, K. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Menggunakan Metode Cerita Bergambar Di Paud. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 121-133.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1),