PENINGKATAN HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS PROYEK

Authors

  • Erwinsyah Simanungkalit Politeknik Negeri Medan
  • Djames Siahaan Politeknik Negeri Medan
  • Jenny Sari Tarigan Politeknik Negeri Medan
  • Mardhiatul Husna Politeknik Negeri Medan
  • Safaruddin Safaruddin Politeknik Negeri Medan

Keywords:

e-learning, desain grafis, hasil belajar

Abstract

Peningkatan hasil belajar dalam desain grafis melalui pendekatan e-learning berbasis proyek menjadi isu yang semakin relevan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari penggunaan e-learning terhadap hasil belajar siswa dalam mata kuliah desain grafis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan pre-test dan post-test, serta survei untuk mengumpulkan data. Teknik analisis yang diterapkan adalah analisis varian (ANOVA) menggunakan SPSS. Hasil utama menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai siswa, dari rata-rata 65 pada pre-test menjadi 82 pada post-test (p < 0.05). Survei juga mengindikasikan bahwa 87% siswa merasa lebih termotivasi dan percaya diri dalam belajar. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan, menawarkan bukti bahwa e-learning berbasis proyek dapat meningkatkan keterlibatan dan efektivitas belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti perlunya integrasi teknologi dalam pendidikan serta pentingnya dukungan teknis untuk siswa. Saran untuk penelitian lanjut mencakup eksplorasi blended learning sebagai solusi untuk mengatasi hambatan akses teknologi.

References

Ibrahim, I., Cahyadi, I., Anggriani, R., & dukungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa selama penggunaan e-learning masa pandemi covid 19 (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas bumigora). Target Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh motivasi dan Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 265-278. https://doi.org/10.30812/target.v2i2.1016

Jamaluddin, M. and Faroh, N. (2020). Developing authentic assessment: project assessment on mathematics learning evaluation by using e-learning. Math Didactic Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 227-236. https://doi.org/10.33654/math.v5i3.729

Mujiburrahman, M., Suhardi, M., & HADIJAH, S. (2023). Implementasi model pembelajaran project base learnig di era kurikulum merdeka. Community Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Marmoah, S., Istiyati, S., Supianto, S., Mahfud, H., & Sukarno, S. (2022). Penilaian berbasis proyek di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6(2), 174-181. https://doi.org/10.35334/jpmb.v6i2.2745

Nurhayati, N., Zuhra, F., & Salehha, O. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 73-78. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp73-78

Rachmawati, I., Rosyid, D., Parman, S., Solihan, Y., & Putra, G. (2024). Penerapan artificial intelligence pada media desain grafis menggunakan analisis interpretasi edmund feldman. Jurnal Digit, 14(1), 66. https://doi.org/10.51920/jd.v14i1.372

Sabriana, A. and Irhandayaningsih, A. (2023). Analisis keterampilan desain grafis pustakawan pada promosi perpustakaan melalui media sosial instagram perpustakaan kemendikbud republik indonesia. Anuva Jurnal Kajian Budaya Perpustakaan Dan Informasi, 7(4), 697-712. https://doi.org/10.14710/anuva.7.4.697-712

Simarmata, F., Kasih, D., Yasmin, A., Yuswar, B., & Putri, R. (2021). Workshop desain grafis guna meningkatkan kemampuan dan kreativitas remaja masjid nurul huda menggunakan photoshop. Jurnal Iptek Bagi Masyarakat, 1(2), 37-45. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i2.9

Talelu, D., Mamoh, O., & Klau, K. (2022). Pengaruh kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas viii smp negeri fatumfaun. Numeracy Journal, 9(1), 39-51. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i1.1741

Ushud, A. (2020). Pelatihan desain grafis menggunakan microsoft publisher bagi remaja islam masjid darussalam (rismada). Jurnal Abdimas Bsi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 148-152. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6788

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Simanungkalit, E., Siahaan, D., Tarigan, J. S., Husna, M., & Safaruddin, S. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS PROYEK. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(2), 493–497. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/487

Issue

Section

ARTICLES