PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PADA MATERI KELONG DI UPT SDN 13 BONTOLEBANG 1 KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • St. Nurhalisah. H Universitas Negeri Makassar
  • Kembong Daeng Universitas Negeri Makassar
  • Hajrah Hajrah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Kelong, Bahasa Makassar, pembelajaran, berbasis projek

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hasil embelajaran sastra kelong dengan penerapan model berbasis projek kelas IV UPT SDN.No 13 Bontolebang 1 Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi,teknik rekam dan analisis dokumen . Analisis data dalam penelitian ini diawali dengan mendeskripsikan data berupa data rekaman kelong di kelas IV  , Proses selanjutnya adalah mengidentifikasi data berdasarkan kemampuannya  siswa dalam melantunkan  sastra kelong , setelah itu  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV UPT SDN No 13 Bontolebang 1 Kabupaten Takalar mampu dalam melantunkan kelong bahasa makassar. 

References

Ali, M. (2022). Daya Sugesti Diksi Kelong Dalam Struktur Mikro Pada Analisis Wacana Kritis Van Dijk (Kajian Puisi Lisan Makassar. Pengertian Ilmu Bahasa Dan Sastra, 3(2), 4723–4730.

Astuti, Y. S., & Asia, M. (2023). Analisis Gaya Bahasa dalam Teks Kelong Sangkak Rupa Mangkasarak. 3(1), 161–171.

Faradilla Intan Sari, Dadang Sunedar, & Dadang Anshori. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Garim, I., Taufik, T., & Fitri, S. (2018). Restorasi Sinrilik Melalui Pembelajaran Literasi/Ekposisi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. … Seminar Nasional Dies

Natalis UNM Ke …, 135–145.

Rahim, A., Nursalam, & Akhiruddin. (2022). Transmisi Kelong Makassar:

Perspektif Sastra Lisan Ruth Finnegan. Jurnal Onoma: Pendidikan,

Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 767–779.

https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2027

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based

Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Purnomo, E. A., & Mawarsari. (2014).

PeningkatanKemampuanPemecahanMasalahMelalui Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1, 24–31.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Nurhalisah. H, S., Daeng, K., & Hajrah, H. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PADA MATERI KELONG DI UPT SDN 13 BONTOLEBANG 1 KABUPATEN TAKALAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(3), 504–515. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/490