PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PADA MATERI KELONG DI UPT SDN 13 BONTOLEBANG 1 KABUPATEN TAKALAR
Keywords:
Kelong, Bahasa Makassar, pembelajaran, berbasis projekAbstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hasil embelajaran sastra kelong dengan penerapan model berbasis projek kelas IV UPT SDN.No 13 Bontolebang 1 Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi,teknik rekam dan analisis dokumen . Analisis data dalam penelitian ini diawali dengan mendeskripsikan data berupa data rekaman kelong di kelas IV , Proses selanjutnya adalah mengidentifikasi data berdasarkan kemampuannya siswa dalam melantunkan sastra kelong , setelah itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV UPT SDN No 13 Bontolebang 1 Kabupaten Takalar mampu dalam melantunkan kelong bahasa makassar.
References
Ali, M. (2022). Daya Sugesti Diksi Kelong Dalam Struktur Mikro Pada Analisis Wacana Kritis Van Dijk (Kajian Puisi Lisan Makassar. Pengertian Ilmu Bahasa Dan Sastra, 3(2), 4723–4730.
Astuti, Y. S., & Asia, M. (2023). Analisis Gaya Bahasa dalam Teks Kelong Sangkak Rupa Mangkasarak. 3(1), 161–171.
Faradilla Intan Sari, Dadang Sunedar, & Dadang Anshori. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.
Garim, I., Taufik, T., & Fitri, S. (2018). Restorasi Sinrilik Melalui Pembelajaran Literasi/Ekposisi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. … Seminar Nasional Dies
Natalis UNM Ke …, 135–145.
Rahim, A., Nursalam, & Akhiruddin. (2022). Transmisi Kelong Makassar:
Perspektif Sastra Lisan Ruth Finnegan. Jurnal Onoma: Pendidikan,
Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 767–779.
https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2027
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Purnomo, E. A., & Mawarsari. (2014).
PeningkatanKemampuanPemecahanMasalahMelalui Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1, 24–31.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.