PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN AWALAN DI-/KE- DAN KATA DEPAN DI-/KE- MELALUI PEMBINAAN BERBASIS LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA SMP KELAS VIII

Authors

  • fajri fahrulrazi -
  • Naila Riski Ahsani Universitas Siliwangi
  • Muhammad Alqodri Ali Herdiana Universitas Siliwangi
  • Yuni Ertinawati Universitas Siliwangi

Keywords:

pembinaan bahasa., kata depan, awalan, pretest, posttest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan bahasa Indonesia melalui kegiatan latihan terbimbing berupa pretest dan posttest guna mengetahui kemampuan peserta didik dalam membedakan penggunaan awalan dan preposisi di- dan ke-, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap kaidah tersebut. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami perbedaan fungsi awalan dan preposisi di- dan ke- sesuai kaidah bahasa Indonesia. Kondisi ini menunjukkan perlunya pembinaan bahasa Indonesia melalui pengajaran di sekolah agar peserta didik mampu menggunakan bentuk-bentuk tersebut secara tepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pretest dan posttest dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami dan membedakan penggunaan awalan dan preposisi di- dan ke-. Melalui kegiatan ini, peserta didik dapat mengidentifikasi kesalahan pemahaman sebelum memperoleh penjelasan sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam.

References

Alfons, J., Nitbani, S. H., & Pekuwali, D. S. A. (2025). Kesalahan penggunaan preposisi di, ke, dan dari dalam karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rote Barat. Lazuardi, 8(1), 114. https://doi.org/10.53441/jl.Vol8.Iss1.150

Hidayati, S., & Susanti, R. (2021). Kesalahan penggunaan awalan di- dan ke- dalam karangan narasi siswa kelas I SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 45–60.

Lestari, L., Loekman, A., & Khasanah, N. (2025). Menelisik Kesalahan Preposisi dan Awalan: Analisis Berdasarkan Kaidah Ejaan. Alusi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 113-123.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261

Rahmawati, N., & Setiawan, A. (2023). Penggunaan bahan ajar interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap penggunaan awalan di- dan ke- pada peserta didik kelas I SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 23–34.

Sriyanto. (2014). Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar. Pusat Bahasa.

Meleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya

Arends, L. J. (2017). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Saddhono, K., & Slamet, S. Y. (2014). Pembelajaran bahasa Indonesia: Teori dan praktik. Graha Ilmu.

Setyawati, N. (2015). Kesalahan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. UNS Press.

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

fahrulrazi, fajri, Ahsani, N. R., Herdiana, M. A. A., & Ertinawati, Y. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN AWALAN DI-/KE- DAN KATA DEPAN DI-/KE- MELALUI PEMBINAAN BERBASIS LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA SMP KELAS VIII. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(4), 555–560. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/507