MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN: KONSEP, LANDASAN HUKUM, DAN MODEL
Keywords:
Pembiayaan, Lembaga PendidikanAbstract
Pendidikan sebagai sektor publik perlu dikelola dengan baik dan memiliki manajemen pembiayaan yang mumpuni. Manajemen pembiayaan pendidikan merupakan salah satu bagian penting dalam membantu kelancaran penyelenggaraan pendidikan di sebuah lembaga pendidikan. Manajemen pembiayaan pada lembaga pendidikan berbeda dengan manajemen pembiayaan pada perusahaan yang berorientasi pada profit atau laba, sehingga memiliki keunikan sesuai dengan misi dan karakteristik Pendidikan itu sendiri. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembiayaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan menurut konsep dan pengertiannya, prinsip, model dan ketentuan yang mengatur di Indonesia. Metode penelitian dalam penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Manajemen pembiayaan pendidikan merupakan kegiatan yang berkenaan dengan penataan sumber, penggunaan, dan pertanggung-jawaban dana pendidikan di lembaga pendidikan. Adapun prinsip-prinsipnya yaitu efisien, terarah dan terkendali, menggunakan hasil produksi dalam negeri, transparan, dan penguatan partisipasi publik. Dalam tulisan ini membahas 6 (enam) model pembiayaan pendidikan menurut Thomas H Jones, namun menurut penulis, model yang paling tepat diterapkan di Indonesia adalah Foundation Plan, dan Power equalizing agar tercipta pembangunan pendidikan yang propprsional di Indonesia
References
Arwildayanto, Nina Lamatenggo, Warni Tune Sumar. 2017. Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung; Widya Padjadjaran.
H. A. Rusdiana. 2021. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung; Tresna Bhakti Press.
Renny Mayasari, Sophiana, Toni Julham. 2018. “Manajemen Keuangan dan Pembiayaan”, FITK UIN Sumatera Utara, Jurnal Sabilarrasyad Vol. III No. 02 Juli – Desember 2018 ISSN 2548 – 2203
Siti Farikhah. 2018. Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta; Aswaja Pressindo.
Sudaryono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok; Rajawali Pers.
Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Ahmad Munir. 2022. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam | At-Ta'dib - Gontor.”https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/502. (diakses tanggal 4 Mei 2023)
Firdaus Ainul Yaqin, Umi Sumbulah, Ainur Rofiq. 2021. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Ditinjau Tafsir Dan Hadits Tematik” https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/741. (diakses tanggal 4 Mei 2023)
Fauziyyah Nurazmi. 2021. “Pembiayaan Pendidikan Islam Halaman”. https://www.kompasiana.com/fauziahnurazmi0221/608c2bae8ede48385b4c3612/pembiayaan-pendidikan-islam?page=all&page_images=1. (diakses tanggal 3 Mei 2023)
Ahmad Firdaus Al amien, Siti Julaiha, Muhammad Adam Dzuhri. 2021. “Pembiayaan Pendidikan Islam; Historis, Pengertian, Fungsi, dan Sumber”. https://www.researchgate.net/publication/359218415_Pembiayaan_Pendidikan_Islam_Historis_Pengertian_Fungsi_dan_Sumber (diakses tanggal 3 Mei 2023)
Oktrigana Wirian, Nelly Agustina, Amiruddin Siahaan. 2022. “Model-Model Pembiayaan Pendidikan”. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1, No. 1.
Undang-Undang Dasar 1945 Amandemen IV https://jdih.mkri.id/mg58ufsc89hrsg/UUD_1945_Perubahan.pdf (diakses tanggal 3 Mei 2023)
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional https://pusdiklat.perpusnas.go.id › download (diakses tanggal 3 Mei 2023)















