METODOLOGI USHUL FIQH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Authors

  • Zainul Arasy Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Zulheldi Zulheldi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Sabhamis Sabhamis Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Ushul Fiqh Pendidikan Islam, Metodologi, Kontemporer

Abstract

Pendidikan Islam kontemporer menghadapi tantangan yang semakin kompleks seiring dengan perubahan sosial, perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi, serta tuntutan globalisasi yang memengaruhi sistem dan praktik pendidikan. Kondisi tersebut menuntut adanya pendekatan metodologis yang tidak hanya berorientasi pada teks normatif, tetapi juga mampu membaca realitas dan kebutuhan masyarakat secara kontekstual. Dalam hal ini, metodologi ushul fiqh memiliki posisi strategis sebagai kerangka epistemologis yang dapat digunakan untuk merumuskan solusi terhadap berbagai persoalan pendidikan Islam kontemporer. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran metodologi ushul fiqh dalam menyelesaikan masalah pendidikan Islam, khususnya yang berkaitan dengan perumusan kebijakan pendidikan, pengembangan kurikulum, orientasi pembelajaran, serta penanaman nilai-nilai keislaman yang relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan melalui penelaahan literatur ushul fiqh klasik, pemikiran ulama kontemporer, serta artikel jurnal ilmiah yang relevan dengan kajian pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa metodologi ushul fiqh mampu memberikan landasan konseptual dan metodologis yang kuat dalam merespons persoalan pendidikan Islam secara adaptif dan berorientasi pada kemaslahatan. Pendekatan ijtihad, penerapan kaidah-kaidah ushuliyyah, serta perhatian terhadap konteks sosial dan budaya menjadi elemen penting dalam proses penyelesaian masalah pendidikan. Dengan demikian, metodologi ushul fiqh berfungsi sebagai instrumen analisis yang efektif dalam menjaga kesinambungan nilai-nilai Islam sekaligus menjawab tantangan pendidikan Islam kontemporer secara berkelanjutan.

References

Abdurrahman, Khalid., et al. (2025). Problematika Pendidikan Islam Kontemporer dan Strategi Pengembangannya. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 241-251.

Ardiansyah, Yogi., & Qadraini, S. A. (2025). QIYAS DALAM USHUL FIQH Definisi, Signifikansi, Dan Aplikasi Kontemporer. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 3(1), 11-22.

Edi, M.K.H.Y., et al. (2024). Penerapan Kaidah Ushul Fiqih dalam Menafsirkan Teks Al-Qur'an. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 72-93.

Ferdiansyah, M.A., et al. (2024). Kajian Sejarah Periodisasi Perkembangan Ushul Fiqh. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 2(2), 48-58.

Fitria, Yenni., & Fadriati. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Holistik. Jurnal TARBAWI, 11(1), 19-34.

Handayani, A.Y., & Aryo. A. (2025). Konsep Ushul Fiqih dan Perbedaannya dengan Fiqih serta Qawa’id Fiqhiyyah. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 3(2), 215-226.

Hariyanto., et al. (2025). Batasan Inovasi Pendidikan Islam dalam Pandangan Ushul Al-Fiqh. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 174-189.

Hasniar. (2025). Ijtihad Dalam Ushul Fiqh. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 2(5), 8553-8561.

Ismasnawati., et al. (2025). Pembelajaran Berbasis Qaedah Bahasa, Qaedah Tafsir dan Ushul Fiqh dalam Pendidikan Islam . Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 241-249.

Karina, A., et al. (2025). Kedudukan Al-Qur’an dalam Sumber Hukum Islam Melacak Pemikiran Islam Melalui Kajian Ushul Fiqh. Moral: Jurnal kajian Pendidikan Islam, 2(2), 88-97.

Kulsum, Ummi., & Siti A. (2024). Urgensi Ushul Fiqih terhadap Dinamika Kehidupan Masyarakat. JURNAL PUSAKA: Media Kajian dan Pemikiran Islam, 14(1), 64-70.

Ma'arif, Samsul., et al. (2025). Ushul Fiqh sebagai Epistemologi Hukum Islam: Pendekatan Kontekstual dalam Pendidikan dan Dakwah. Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 364-376.

Masyadi. (2021). Implementasi Ilmu Ushul Fiqh dalam Pembelajaran Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (SD). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 17-30.

Nurhartanto, A. (2023). Metode Penafsiran Dalam Ushul Fiqih Kontemporer : Kajian Terhadap Pendekatan Literal Dan Kontekstual. Jurnal Pedagogy, 16(1), 55-66.

Ramadhina, Anastasya., & Yunus. (2021). KORELASI PENDIDIKAN DAN USHUL FIQH DALAM KONSEP ISTISHLAH DAN SADD DZARI’AH . Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI), 2(2), 15-25.

Rosadi, Khumaini. (2025). Ushul Fiqh sebagai Alat Mitigasi Penyebaran Paham Radikalisme di Kampus. Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(3), 416-422.

Rozaq, M.F., et al. (2025). Relevansi Ushul Fiqih Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Digital Di Madrasah Aliyah. Indonesian Journal of Islamic Jurisprudence, Economic and Legal Theory, 3(2), 1602-1610.

Sapiudin. (2025). Developing a Digitally Integrated Critical Contextual Learning Model of Ushul Fiqh for Future Islamic Education Teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 24(6), 653-671.

Zahiroh, Siti., & Muhammad. (2025). Ilmu Ushul Fiqih Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 298-308.

Zain, M.I., et al. . (2025). Pengembangan buku ajar Ushul Fiqh berbasis mind mapping untuk siswa SMP/MTs . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 487-502.

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Arasy, Z., Zulheldi, Z., & Sabhamis, S. (2025). METODOLOGI USHUL FIQH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(4), 601–608. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/525