PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN MOTORIK HALUS UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 4 -5 TAHUN DI POS PAUD MEKAR DESA TUDUA
Keywords:
Media, Motorik Halus, Menulis PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan bermain motorik halus melalui media finger painting dan pastisin dalam menstimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4–5 tahun di Pos PAUD Mekar Desa Tudua. Penellitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penellitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan, sebagian anak masih mengalami kesulitan dalam menulis permulaan, seperti memegang alat tulis, membuat garis lurus, dan mengikuti pola sederhana.Kegiatan finger painting membantu mengembangkan kelenturan jari, koordinasi mata-tangan, selrta kekuatan otot melalui aktivitas mengolels, me,nepelkan, dan membuat pola. Sementara kegiatan bermain plastisin melatih kekuatan jari melalui aktivitas meremas, mencubit, menggulung, dan membentuk adonan. Setelah penerapan kedua kegiatan tersebut, anak menunjukkan perkembangan positif, seperti coretan yang lebih terarah, kemampuan mengikuti pola, serta meningkatnya minat dan kepercayaan diri dalam menulis. Dengan demikian, media finger painting dan plastisin terbukti efektif dalam menstimulasi kemampuan menulis permulaan anak.
References
Adawiyah, Iib Robi’atul. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui
Aguss, R. M., Fahrizqi2, E. B., Fadil, F., & Abiyyu, A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46.
Almuna, N., Sagala, A. C. D., & Pusari, R. W. (2022). Stimulasi Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pandemi Covid Di Lingkungan
Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6): 6225–
Anjani, R. D., & Sumarni, S. (2021). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia (4-5) Tahun Selama Pandemi Covid-19 Di Jalan SarjN Ogan Ilir (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Atika, Nurul, and Sri Wahyuni. "IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PAPER QUILLING DI TK NAILUN NAJAH." Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam 6.3 (2023).
Azizah, Nur. Analisis Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di TKIT Baitusshalihin. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2025.
Di Pg, M. U. H. S., Laili, S. N., Ampelsurabaya, A. I. N. S., & Dini, S. P. I. A. U. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuanmenulis Permulaan Anak Usia 3-4 Tahun.
Erviani, Vina. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Media Kolase Bahan Alam di TK Negeri Pembina Meraksa Aji Tulang Bawang. Diss. IAIN Metro, 2023.
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication
Handayani, Handayani. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Papan Pasir Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Iii Di Slb Negeri 1 Gowa. Diss. Universitas Negeri Makassar, 2020.
Hasanah, Nurul. Implementasi Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan. Diss. IAIN Metro, 2021.
Julianto, M. A. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Pasir Kelompok A Di RA Nurul Iman Arhanud (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: Usia Dini (M. Ulfah, Ed.). CV. Amerta Media, Jawa Tengah
Laely, Khusnul, and Subiyanto Subiyanto. 2020. “Cooking Class Berbasis Kearifan Lokal Meningkatkan Motorik Halus Anak Di Daerah Miskin.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 923.
Madden, M. A. (2021). Upaya peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui latihan motorik halus pada anak tuna grahita kelas i c semester ii di sdlb negeri bambi
Nasaruddin, Nasaruddin. "Peningkatan motorik halus melalui kegiatan meronce pada pendidikan anak usia dini." Didaktika: Jurnal Kependidikan 10.2 (2021): 53-70.
Oktaviani, Sasha. Penggunaan Media Plastisin Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di KB Nurul Arif Metro Selatan. Diss. Institut Agama Islam Negeri Metro, 2022.
Pertiwi, Adharina Dian, Tri Wahyuningsih, Anis Nurul Layly, and Fathimah Dayaning Pertiwi. 2022. “Implementasi Pembelajaran Membatik Berbasis Budaya Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 923.
Pradita, Elisabeth Yulinda Ika. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Sandpaper Letters Di Tk Dian Asih Montessori Semarang Pada Tahun Ajaran 2021/2022. Diss. Universitas Pgri Semarang, 2022.
Rs, M. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Latihan Graphomotor Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar Iii Di Slb Negeri 1 Sidrap.
Sadaruddin, Sadaruddin. "Development of Fine Motor Skills in Preparing Early Childhood Writing Skills in Kindergarten." Available at SSRN 4923112 (2024).
Saputri, A. F. A. Intervensi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Di MI Mazro’atul Ulum (Bachelor's thesis).
Sari, Helda. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Art and Craft Di TK Kirana Kota Jambi. Diss. Universitas Jambi, 2023.
Sjamsir, H., Rahardjo, B., & Surentu, S. A. (2021). Penerapan Metode STEAM Berbasis Loose Part Dalam Optimalisasi kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (M. Ulfah, Ed.). CV. Amerta Media, Jawa Tengah
Strooband, Karel F.B., Marc De Rosnay, Anthony D. Okely, and Sanne L.C. Veldman. 2020. “Systematic Review and Meta-Analyses: Motor Skill Interventions to Improve Fine Motor Development in Children Aged Birth to 6 Years.” Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics 41(4): 319–31
Teknik Usap Abur Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra. Hasan Asy’ary Kab. Langkat TA 2020/2021. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2021.















