PELAKSANAAN PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK (MRA) MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2025

Authors

  • Suhada Suhada Pokjawas Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang
  • Een Masdariah Pokjawas Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang
  • Asep Rasudin Pokjawas Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang
  • Abdul Mutholib Pokjawas Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang

Keywords:

implementasi program, madrasah ramah anak, kabupaten pandeglang

Abstract

Program Madrasah Ramah Anak (MRA) merupakan inisiatif strategis dalam mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan bebas dari kekerasan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Madrasah sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk memastikan terpenuhinya hak-hak peserta didik, baik dalam aspek perlindungan, pembelajaran, maupun perkembangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelaksanaan Program Madrasah Ramah Anak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Pandeglang Tahun 2025. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif berdasarkan data hasil penilaian pelaksanaan MRA dari 215 MTs. Analisis dilakukan melalui perhitungan nilai rata-rata, median, nilai tertinggi, nilai terendah, serta distribusi kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelaksanaan program adalah 68,55 dengan median 68,00. Sebanyak 37% madrasah berada dalam kategori Baik, 39% dalam kategori Cukup, dan 24% termasuk kategori Kurang, sedangkan tidak ada madrasah yang mencapai kategori Sangat Baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan MRA telah berjalan, namun belum mencapai tingkat optimal, terutama dalam aspek konsistensi kebijakan, penguatan kapasitas pendidik, dan implementasi pembiasaan ramah anak. Oleh karena itu, penguatan pelatihan guru, supervisi berkala, serta pelibatan orang tua dan masyarakat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program di masa mendatang.

References

Agung, A., Putro, Y., & Ardiasih, L. S. (2025). Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD : Studi Kasus Pendidikan Inklusif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 64–75.

Anggara, P. T., Kunci, K., & Humanisasi, : (2025). Humanisasi Pendidikan Era Digital sebagai Pilar Pembelajaran Berbasis Nilai Kemanusiaan. Kalamizu : Jurnal Sains, Sosial, Dan Studi Agama, 1(2), 191–199.

Application, T., Positive, O., In, D., Building, C., & Primary, I. (2024). Penerapan disiplin positif dalam pembentukan karakter anak di sekolah dasar. 1(1), 1–12.

Ayuk Widarningsih. (2023). Strategi Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Di Kabupaten Bantul Strategy for Child Friendly School Policy Implementation in Bantul District. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, Vol. 12 (4(4), 8–21. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkas

Curup, I. (2020). No Title. 3(3), 88–99.

Ernawati, E., Saepudin, R., Mutallaah, I., & Sahruhadi, R. A. (2025). Membangun Iklim Kelas Positif untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran: Strategi, Implementasi, dan Dampaknya. Integrating Religion, Social Economy, and Law: Conference Series, 1(2), 104–110.

Fakhruddin, D. (2024). Peningkatan Mutu Madrasah Dan Guru Madrasah Tantangan Dan Solusi. Singularitas Jurnal Pendidikan Islam, 01(01), 16–30. https://jurnalsingularitas.org/index.php/jurnalsi_1/article/view/1

Hasbi, M. (2021). Area Bermain Dalam Ruang. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Laman: Https://Paudpedia.Kemdikbud.Go.Id/. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/

Heru, M. (2018). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 YOGYAKARTA. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(2), 157–164.

Madrasah, G., Negeri, A., & Kabupaten, C. (2016). Pengaruh kepemimpinan partisipatif dan komitmen organisasi terhadap efektifitas implementasi rencana stratejik pada madrasah aliyah di kabupaten sukabumi jawa barat. 1, 114–129.

Maulidani Ulfah, Remiswal, & Khadijah. (2025). Optimalisasi Penggunaan Hasil Assesment untuk Tindak Lanjut Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 128–137. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1562

Ningsih, A. C., Silalahi, E., Ramadhanti, A., & Rahmadani, L. (2024). Studi Literatur : Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. 14(April), 209–216. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.624

Pasha, D. A., Alqadri, B., Dahlan, D., & Mustari, M. (2022). Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 1 Gunungsari. Manazhim, 4(2), 232–259. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1787

Pemerintah Republik Indonesia [The Goevernment of Republic of Indonesia]. (2014). Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak [Law No. 35 of 2014 on the Amendment to Law No. 23 of 2002 on Child Protection]. UU Perlindungan Anak, 48. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38723/uu-no-35-tahun-2014

Pendidikan, K., & Pendidikan, K. (2023). Siaran Pers Siaran Pers.

Salsabila, S., Suprapto, W., & Liliyanti, L. (2024). Peranan Program Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Pendidikan Anti Kekerasan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3001–3012. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7160

Suci Rahmadani, & Malik, L. R. (2024). Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Untuk Mendukung Pengasuhan Positif Pada Anak Usia Dini. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(3), 157–168. https://doi.org/10.21462/educasia.v9i3.268

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.

Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057

Wulan Suci, A., Juraedah, A., & Salsabila, L. (2025). Peran kolaborasi orang tua dan sekolah dalam pengembangan pendidikan moral anak. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 22–28. https://journal.ummat.ac.id/index.php/ecs

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Suhada, S., Masdariah, E., Rasudin, A., & Mutholib, A. (2025). PELAKSANAAN PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK (MRA) MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2025. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(4), 572–579. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/528