MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI ANAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDEN PJBL DI TAMAN KANAK -KANAK IHYA AL-ULUM MAKASSAR

Authors

  • Nurhayati Bugis Universitas Islam Makassar
  • Sadaruddin Sadaruddin Universitas Islam Makassar
  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar

Keywords:

nilai agama, budi pekerti, DEDE-n PjBL, pendidikan anak usia dini, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan nilai agama dan budi pekerti anak melalui penerapan model pembelajaran DEDE- n PjBL Design, Explain, Development, and Evaluation - Project-Based Learning   di Taman Kanak-Kanak Ihya Al-Ulum Makassar. Hasil Siklus I menunjukkan bahwa kemampuan nilai agama dan budi pekerti anak mulai berkembang, namun masih ditemukan beberapa kendala, terutama pada aspek kedisiplinan, tanggung jawab, dan konsistensi dalam menunjukkan perilaku positif. Pada Siklus II, setelah dilakukan perbaikan strategi, peningkatan perilaku anak terlihat lebih signifikan. Pada pertemuan pertama, anak mulai menunjukkan kesadaran lebih tinggi dalam menerapkan nilai religius, seperti berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, serta menjaga tanaman sebagai wujud amanah. Perubahan yang lebih kuat tampak pada pertemuan kedua, di mana anak dapat menunjukkan perilaku yang lebih stabil, seperti kerja sama, empati, disiplin, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan proyek merawat tanaman. Secara keseluruhan, penerapan model DEDEN-PjBL terbukti efektif dalam memperkuat nilai agama sekaligus menumbuhkan budi pekerti anak secara menyeluruh.

References

Azhar Arsyad, (2013), Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, h. 49-50.

Aip Saripudin, Model Edutainment Dalam Pembelajaran PAUD (Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2020). 12-13.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar Zain, Strategi Pengembangan Nilai Agama & Moral Anak Usia Dini (Cirebon: Penerbit Insania, 2021). 19-20.

Ananda, 2017; Repoblik Indonesia, 2013

Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.

Dadan Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini : Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, (Jakarta: Prenadamedia, 2016), 60-61.

Didik Supriyanto, “Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan keagamaan orang tua’’ vol.3. no 1 2015

Dahlia, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, (Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2018), 71.

Dadan Suryana, “Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak” (Jakarta: Kencana, 2016).

Darmadi Hamid, Dasar Konsep Pendidikan Moral, (Bandung : Alfabeta Darwanto, 2007), 5Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1. No.1 (2017), 23.

Daradjat Zakiyah, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta : Bulan Bintang, 2005), 10.

Erlina Dewi, Moral Yang Mulai Hilang (Kendal: CV. Bayfa Cendekia Indonesia, 2020).1

Elilot, J (1991). Action Researchfhor Educational Change. Milton Keynnes: Open Univercity Press.

Rahman, M. H., Kencana, R., & Nurfaizah. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Habibu Rahman, Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini,Tasikmalaya : Edu Publisher, 2020). 13

https://penerbitdeepublish.com/kerangka-berpikir/ di akses pada tanggal 5 april 2025 pukul 14.25 Wita.

Hidayat, 2015: 1.61). Hidayat, 2015: 1.41) Hidayat, D. (2015). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Konstantinus Dua Dhiu, Aspek Perkembangan Anak Usia Dini, Pekalongan : PT Nasya Expanding Management, 2021), 9-10.

Lestari, S., & Ramli, M. (2018). Pengembangan Karakter Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal PAUD Teratai, 7(2), 45–52.

Helmawati, Mengenal dan Memahami PAUD, (Bandung: Remaja rosdakarya 2015.

Hidayatu Munawaroh,sri rahayu ningsih, 2021 (Jurnal Pendidikan Pengasuhan Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini)2(2):83-96 januari 2022

Hidayatu Munawaroh, sri rahayu ningsih. 2021 “pentingnya nilai agama dan moral anak usia dini melalui kegiatan Latihan manasik haji” jurnal of early childhood and character education 1(2), 211-266, 2021.

Hasan,Maimunah. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press

http://journal.alhikam.net/index.php/jrmVolume 6, Issue 2, September 2023, Pages 770-786

Irma Yuliantina, Fitria Anggriani, Anggraeni, Rizki Maisura, Ignatia Widhiharsanto Sumule, Rr. Putri Danirmala Narpaduhita (2025). Panduan Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022). Buku Panduan Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk PAUD - Fase Pondasi.

Mardiana, A. (2020). Pendidikan Agama Untuk Anak Usia Dini: Teori dan praktik. Jurnal pendidikan anak usia dini, 8(3) 112-119.

Muhaimin. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Agama. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhammad Fadlillah, Desain Pembelajaran Paud : Tinjauan Teoritik & Praktik, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2014), 207.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications

Novi Mulyani, Perkembangan Dasar Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Gava Media, 2018), 107.

Novi Mulyani, Perkembangan Dasar Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Gava Media, 2018), 98.

Novi Mulyani, Perkembangan Dasar Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Gava Media, 2018), 18-19.

Novi Mulyani, Perkembangan Dasar Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Gava Media, 2018), 179.

Partini, Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta : Grafindo Litera Media 2010

Prasetyo, I. (2023) Model Pembelajaran.

Prabowo, A. (2019). Sumber daya dan pendidikan agama islam di sekolah dasar. Jurnal manajemen pendidikan.

Perkemdikbud No 137 tahun 2014

Rahmat Djatmika, Sistem Etika Islam, (Jakarta : Pustaka Islam, 1987),

Rizki Ananda, “Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini,” 2017. Jurnal Rizki Ananda, “Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No.1 (2017), 25-26.

Sadaruddin, S., Ahmad, A., Jabu, B., Syamsuardi, S., Usman, U., & Hasmawaty, H. (2023). Development of Design, Explain, Development, And Evaluation-Project Based Learning (DEDEn-PjBL) Model in Stimulating Children’s Creativity. Journal of Research and Multidisciplinary, 6(2), 770-786. https://doi.org/10.5281/jrm.v6i2.81

Sukmadinata, metode penelitian pendidikan, 2009, hlm 216

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.

Taniredja, TUkiran dkk, penelitian tindakan kelas untuk pengembangan profesi guru prakti, praktis, dan muda. (Bandung: Alfabeta, 2013)hlm,15

uswatun Khasanah, Psikologi Agama (Surabaya: CV. Kanaka Media, 2020). 4.

Widyastuti, R. (2021) Widyastuti, R. (2021). Manfaat project-Based Learning dalam pendidikan moral. Jurnal pendidikan anak usia dini.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhairini, dkk. (2007). Pendidikan Agama dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Bugis, N., Sadaruddin, S., & Fitri, R. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI ANAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDEN PJBL DI TAMAN KANAK -KANAK IHYA AL-ULUM MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(4), 580–592. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/529