PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA JAMBI

Authors

  • Fatthia Muhani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Villia Anggraini Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Lucky Heriyanti Jufri Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Module, ethnomathematics, Jambi culture, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME), serta untuk mengetahui valid dan praktisnya modul pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika pada budaya Jambi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan pengembngan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa modul yang dirancang diperoleh persentase 96,38%, dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas perorangan dengan salah seorangan gru matematika diperoleh persentase 97,50%, dengan kategori sangat praktis dan hasil uji coba kelompok kecil oleh 9 orang siswa diperoleh persentase 93,89%, dengan kategori sangat praktis. Nilai akhir uji praktikalitas diperoleh persentase 94,25%, dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas yang dilakukan, diperoleh bahwa modul dikategorikan sangat valid karena berada pada interval dan modul dikatakan sangat praktis karena seluruh aspek terlaksana sepenuhnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan RealisticMathematic Educations berbasis etnomatematika pada budaya Jambi pada materi bangun datar segi empat kelas VII SMPN 6 Batanghari dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.

References

Aldila, E. A. (2016). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463–474. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_15/137

Anggraini, N. (2016). Deskripsi implementasi etnomatematika pada candi tinggi di kawasan cagar budaya Muaro Jambi yang berkaitan dengan materi luas permukaan balok.

Budiarti, I., & Agustina, W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan matematika realistik (PMR) berbasis ethnomathematics sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 178–187. https://doi.org/10.33654/math.v3i3.70

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma, 8(2), 99–110.

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748

Riduwan. (2019). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula.

Sihite, M. (2021). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan RME berbasis budaya Jambi pada materi program linier.

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 1–15.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Muhani, F., Anggraini, V., & Jufri, L. H. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA JAMBI . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 483–492. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/53

Issue

Section

ARTICLES